Home >> Agama >> Ceramah Agama di Pemkab Lamongan, Wanhat LDII Sampaikan 5 Sukses Ramadhan

Ceramah Agama di Pemkab Lamongan, Wanhat LDII Sampaikan 5 Sukses Ramadhan

Wanhat LDII Lamongan, KH. Nuradji mengisi Ceramah agama di Musholah Al-Amin Sekretariat daerah Kabupaten Lamongan (11/4). Ini adalah kegiatan rutin yang dilaksanakan ba’da sholat Dzuhur setiap hari senin dan kamis. Bertujuan untuk mensukseskan kegiatan agama dibulan Ramadhan 1443 H oleh Pemkab Lamongan.

Kepada Jamaah, KH. Nuradji menyampaikan tausiah bertema Lima Sukses Dibulan Ramadhan yang turut dihadiri oleh Bupati YES.

Dalam ceramahnya, KH. Nuradji mengungkapkan bulan Ramadhan adalah bulan penuh ampunan, rahmat dan pahala dari Allah, oleh karena itu Ramadhan harus dimanfaatkan sebaik baiknya untuk mencari pahala, dengan program ibadah 5 sukses Ramadhan

“Hai Orang orang yang beriman, diwajibkan atas kamu sekalian berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang orang sebelum kalian agar kamu sekalian bertakwa ( QS. Al Baqarah: 183)

Melalui ayat tersebut, Allah SWT memberikan perintah wajib untuk menjalankan ibadah Puasa.

“Ini harus kita sukseskan karena keutamaan yang luar biasa, yaitu pertama, puasa merupakan kewajiban bagi umat muslim. Kedua, dengan puasa Allah mengampuni semua dosa dosa hambanya,” Imbuhnya.

Selanjutnya, KH. Nuradji menjelaskan tentang sukses shalat tarawih, dimana Rasulullah SAW mencontohkan dibulan Ramadhan dengan meningkatnya ibadahnya, termasuk ibadah shalat malam atau dikenal dengan shalat Tarawih. “Marilah kita semua yang iberi kesempatan oleh Allah bisa menjumpai bulan Ramadhan ini melaksanakan dengan betul shalat Tarawih dengan sungguh sungguh” ucapnya.

 

Tak cukup sampai disitu, KH. Nuradji juga menjelaskan tentang pentingnya tadarus Al qur’an dibulan Ramadhan. Beliau menyarankan agar muslimin yang lancar membaca Al Quran agar mengkhatamkan bacaan 30 Juz Al Quran dalam bulan Ramadhan karena banyaknya pahala yang diberikan oleh Allah. “ Pahala membaca Alquran bukan per kalimat, tapi per huruf. Dan setiap satu huruf mendapatkan satu kebaikan dan akan dilipatgandakan” terang KH. Nuradji.

 

KH. Nuradji juga menyampaikan sukses iktikaf dan Lailatul Qadar, muslimin umat nabi Muhamad SAW diberikan diskon besar besaran dalam bulan Ramadhan dengan adanya malam Lailatul Qadar. Beribadalm dalam malam Qadar pahalnya melebihi ibadah selama seribu bulan. “untuk meraih malam Lailatul Qadar, maka iktikaf dengan berdzikir, beribadah dan tadarus Alqur’an dilakukan di sepuluh malam terakhir dibulan Ramadhan,” jelasnya.

Yang terakhir, KH. Nuradji mengingatkan untuk membayarkan Zakat Fitrah. Ibadah ini dilakukan sebelum mengakhiri Ramadhan. Karena semua amalan bulan Ramadhan akan sia sia (tidak sampai kepada Allah) jika Zakat Fitrahnya tidak tertunaikan atau terlambat ditunaikan. “kewajiban membayar Zakat Fitrah berlaku untuk setiap orang islam, baik bayi yang baru lahir hingga orang tua, miskin maupun kaya” terang KH. Nuradji.

Periksa juga

Didukung 3 BMT, Pemdes Sugihwaras Gelar Bazar Jajanan Tradisional

Lamongan – Untuk mendukung pengembangan UMKM Desa Sugihwaras, Menjelang ramadhan 1443 H, pemerintah Desa Sugihwaras …

Leave a Reply