Home >> Lamongan >> Ingin Hasil Pertanian Meningkat, Petani Kalitengah Ikuti Sekolah Lapang IPDMIP

Ingin Hasil Pertanian Meningkat, Petani Kalitengah Ikuti Sekolah Lapang IPDMIP

Lamongan (19/2/2021) – Petani Kalitengah khususnya daerah irigasi Desa Canditunggal Kecamatan Kalitengah mengikuti sekolah lapang IPDMIP bertempat di Balai Desa Canditunggal.

Acara Sekolah Lapang IPDMIP atau lebih akrab disebut SL-IPDMIP ini merupakan program Pemerintah Daerah Kabupaten Lamongan yang dilaksanakan oleh Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan (TPHP) di Daerah irigasi (DI) Kesepakatan.

Dalam pembukaan SL-IPDMIP, Kepala Desa Canditunggal Mustain Huda, SE berharap “Semoga dengan Sekolah Lapang ipdmip ini bisa tambah ilmu, hasil pertanian tambah meningkatkan dan petani tambah sejahtera”.

“Tahun 2021 ini ABPDes Desa Canditunggal telah menganggarkan Pembuatan Rumah burung hantu untuk mengendalikan hama tikus di sawah. Kita berusaha menghindari penggunaan stroom listrik untuk mengendalikan tikus”, jelas Mustain.

“Selain program pembuatan rumah burung hantu, Pemdes Canditunggal juga menganggarkan untuk pembelian Rodentisida atau racun untuk umpan tikus”, tambhahnya.

Video Pembukaan Sekolah Lapang IPDMIP Kecamatan Kalitengah Lamongan

POPT-PHP Kecamatan Kalitengah, Mastur AS menyampaikan “Dalam Sekolah Lapang Nanti Petani akan diajari cara pengamatan Organisme Penganggu Tanaman (OPT) sendiri. Harapannya dengan sekolah lapang ini akan bisa merubah perilaku, yang biasanya ikut-ikutan bisa mengamati sendiri, menemukan dan memutuskan cara pengendalian yang efektif. Semuanya akan kita kupas tuntas pada pertemuan yang akan datang”.

“Program IPDMIP ini di Lamongan dimulai tahun 2018 dan meliputi 15 daerah irigasi”, jelas Setyorini, Koordinator Kabupaten IPDMIP.

“Tujuan dari IPDMIP ini untuk Peningkatan produksi hasil pertanian dengan penerapan sistem tanam Jajar Legowo yang akan dibuat Demplot Laboratorium Lapang”.

“Semoga peserta sekolah lapang ini bisa mendapatkan manfaat yang sebesar-besarnya”, harap Rini.

Koordinator Penyuluh Pertanian Kecamatan Kalitengah, Sudarto sebagai salah satu fasilitator Sekolah Lapang menjelaskan “dalam sekolah ini kita akan membuat demplot percontohan sebagai wahana belajar  dimulai dari tanam sampai panen, disini kita akan menemukan permasalahan dan menyelesaikannya”.

Periksa juga

Amankan Produksi Pangan, Pemdes Sugihwaras Adakan Pengendalian Tikus Secara Masal

Amankan Produksi Pangan, Pemdes Sugihwaras Adakan Pengendalian Tikus Secara Masal Kalitengah (24/05/2021) – Tikus merupakan …

Leave a Reply