Home >> Pertanian >> Silaturahmi dengan Petani, Camat Kalitengah Sampaikan Gebrakan Program Pertanian

Silaturahmi dengan Petani, Camat Kalitengah Sampaikan Gebrakan Program Pertanian

Kalitengah (04/10/2021) – BPP Kalitengah memfasilitasi silaturahmi antara Camat Kalitengah dengan Kelompok Tani, Gabungan Kelompok Tani dan Kelompok Wanita Tani Se-Kecamatan Kalitengah. Acara yang diadakan secara sederhana ini dihadiri sekitar 60 orang dengan Konsumsi dari petani dengan membawa hasil tani masing-masing.

Sudarto, Koordinator BPP mengawali acara dengan memaparkan Target tanaman tahun 2021 dan alokasi pupuk bersubsidi. “Alhamdulillah dari target tanaman padi tahun 2021 seluas 2.800 hektar bisa tercapai bahkan melampau target dengan 3.293 Ha atau tercapai sekitar 117% dengan rincian panen 2160 Ha dan saat ini masih ada sisa tanaman 1.133 Ha tersisa”.

 

Abas Sholih, Kepala UPT Pelaksana Penyuluhan Pertanian Solokuro, menyampaikan “kita harus fokus untuk mempertahankan Lamongan sebagai lumbung pangan nomor 1 di Jawa Timur dan nomor 5 di Indonesia”.

 

“Semoga dalam sepuluh bulan kepemimpinan saya, pertanian Kalitengah semakin makmur” harap Camat Kalitengah, H. Mulkan saat silaturahmi Camat Kalitengah dengan petani.

 

Lebih lanjut Camat Kalitengah menyampaikan “potensi pertanian Kalitengah luar biasa, airnya tersedia baik, sebelah Utara Kalitengah berdampingan dengan sungai bengawan solo, sebelah selatan bengawan njero, Tinggal saluran air yang perlu kita perbaiki”.

 

Ada 2 program yang menjadi gebrakan Camat Kalitengah di bidang pertanian Kecamatan Kalitengah, yaitu Rumah burung hantu dan penanaman refugia. “dalam kawasan 10 ha lahan didirikan 1 Rubuha, Seng omah e dibangun, burung hantu e teko”, karena burung hantu sebagai predator Hama tikus ini tidak bisa membuat rumah sendiri,”lanjut H. Mulkan.

 

“di pematang sawah petani supaya ditanami refugia, selain indah refugia menjadi tempat tinggal predator Hama tanaman,” Ucap H. Mulkan.

 

Begitu juga program pertanian lain harus berjalan, Terkait pengairannya wilayah Bengawan Njero ditata, PPAH sebagai unit produksi Agen Hayati kita hidupkan lagi untuk mengendalikan OPT. Termasuk dana PUAP harus diselamatkan dan dimanfaatkan untuk Petani.

 

“Pengalaman saya bertani, selama 7 tahun selalu memakai beauveria, Alhamdulillah aman dari ham, selamat dari wereng” cerita H. Mulkan.

 

Acara dilanjutkan dengan tanya jawab. Banyak usulan dan harapan dari petani untuk kemajuan pertanian Kecamatan Kalitengah, H. Mulkan menegaskan “program Rubuha ini nanti kita dampingi dengan perdes larangan menembak atau berburu agar program ini berhasil”.

Kartono (085745135415):PPL Kec. Kalitengah Kab. Lamongan,

 

Periksa juga

Gandeng Forkopimda dan BIN, LDII Lamongan adakan Bhakti Untuk Negeri 1000 Dosis Vaksin

Lamongan (22/09/2021) – Untuk membantu Pemerintah mempercepat herd immunity LDII Lamongan bekerjasama dengan pemerintah daerah …

Leave a Reply