Home >> Lamongan >> Gunakan Bahan Lokal, Peserta SL-IPDMIP Kalitengah Bikin Pupuk NPK Cair

Gunakan Bahan Lokal, Peserta SL-IPDMIP Kalitengah Bikin Pupuk NPK Cair

Gunakan Bahan Lokal, Peserta SL-IPDMIP Kalitengah Bikin Pupuk NPK Cair

Kalitengah (23/4) – Peserta Sekolah Lapang IPDMIP Kecamatan Kalitengah  semakin inovatif. Pada Pertemuan hari Jum’at (23/4/2021) bertempat di Gudang Kelompok Tani Lestari 01, Peserta SL-IPDMIP membuat Pupuk Organik Cair NPK dari bahan lokal. Pembuatan pupuk dari bahan lokal ini untuk mengurangi biaya produksi dan juga mengurangi ketergantungan terhadap penggunaan Pupuk Kimia.

Menurut Rizqi, PPL Kalitengah “kita memanfaatkan bahan-bahan lokal disekitar kita untuk membuat pupuk organik cair secara mandiri untuk meningkatkan produksi tanaman kita. Bahan lokal ini diantaranya Daun Lamtoro untuk membuat Pupuk Nitrogen (N) Bonggol pisang untuk Membuat Pupuk Phospor (P) dan Sabut kelapa untuk membuat Pupuk Kalium (K)”.

“Kita sudah pernah uji coba dengan hanya aplikasi pupuk cair ini hasil panennya tidak kalah dengan yang lain, bahkan produk kita bisa menjadi produk semi organik”, lanjut Kiki panggilan Akrabnya.

“Saya berharap petani ini bisa Istiqomah untuk menerapkan ilmu dari Sekolah lapang ini”, lanjutnya.

Sugianto, Ketua kelas Sekolah Lapang IPDMIP berharap “semoga petani peserta sekolah lapang bisa mempraktekkan dan meneruskan pembuatan pupuk cair ini, semoga dengan memakai pupuk ini hasil padi nya meningkat”.

“Alhamdulillah petani bisa mendapatkan ilmu cara membuat pupuk, karena biasanya petani di Desa Canditunggal ini tergantung dengan pupuk kimia”, lanjutnya.

“Bahan untuk membuat pupuk termasuk mudah dicari di sekitar kita dan dalam pembuatannya sangat mudah sekali”.

Leave a Reply