Home >> Umum >> Pengertian dan Cara Perawatan Tanaman Hias

Pengertian dan Cara Perawatan Tanaman Hias

Tanaman Hias ini merupakan tanaman dari bunga-bungaan yang menghasilkan bunga secara vegetative ataupun generative. Dengan beriringnya perkembangan zaman tanaman hias ini juga bisa diartikan sebagai salah satu tanaman yang berbunga dan memiliki aroma yang menarik dan memiliki kesan seni yang sangat berkualitas. Dari nama nya saja sudah Tanaman Hias pasti ketika ditaruh di halaman rumah pasti akan membuat kessan rumah kita menjadi lebih cantik.

Tanaman hias ini memiliki beberapa variasi dan juga memiliki beberapa ragam jenis, baik secara lokal ataupun secara non lokal. Tanaman Hias ini memiliki nilai yang sangat tinggi, dan juga memiliki daya tumbuh yang sangat baik. Sehingga para petani sangat mudah untuk membudidayakannya.

Selain itu tanaman ini memiliki keindahan yang sangat istimewa danjuga sangat menarik sekali. Dan inilah manfaat Tanaman Hias bagi kehidupan manusia dan industri.

Manfaat di Bidang Ekonomi

  • Meningkatkan nilai keindahan di lingkungan sekitar kita
  • Menghasilkan tanaman yang bermutu bagus dan berkualitas baik
  • Dapat menyediakan lapangan pekerjaan bagi orang pengangguran di setiap daerah

Manfaat di Bidang Seni

  • Bisa meningkatkan penghijauan di lingkungan sekitar
  • dapat meningkatkan keindahan lingkungan sekitar
  • dapat menjadikan lahan yang tak berguna menjadi lahan penghijauan

Manfaat di Bidang Lingkungan

  • Meningkatkan kesuburan tanah di sekitar lingkungan
  • Dapat membuat udara disekitar menjadi lebih sejuk
  • Dapat mencega terjadinya erosi
  • Bisa meningkatkan kesuburan tanah
  • Dapat menghalang air yang akan menyebabkan masalah
  • Menyediakan keteduhan pada lingkungan sekitar

Tetapi perlu kita ketahui bahwa tanaman hiass ini sangatlah membutuhkan perawatan, pengontrolan, dan pemeliharaan yang sangat baik agar nantinya menjadikan tanaman hias yang berkualitas dan bermutu yang sangat bagus terhadap lingkungan di sekitarnya.

Karena tanaman hias ini dikelompokkan sebagi tanaman yang berdasarkan fungsinya, tidak menutup kemungkinan jika tanaman sayuran, tanaman buah ataupun tanaman obat bisa menjadi tanaman hias juga.

Dan berikut ini adalah cara meembudidayakan tanaman hias

  • Rendam bibit dengan air selama 24 jam
  • Proses Penanaman.Langkah pertama adalah siapkan pot untuk media menanam nya dengan lubang drainase yang cukup setelah itu masukan pecah an batu bata atau genting kedalam dasar pot untuk digunakan sebagai pengikat air kemudian masukan media tanam

tanah yang subur lengkap dengan pupuk kompos dan pupuk kandang

  • Tanamkan tanaman hias kedalam tanah. Dan cara menanam tiap bunga berbeda ada yang sedalam 5cm ada juga yang sedalam 10cm, bahkan ada juga yang menanamkan badan bibit ke dalam tanah.
  • Kemudian beri tanda pada tanaman tersebut yang bertujuan agar dapat membedakan tanaman satu dengan tanaman yang lainnya itu juga jika anda menanam lebih dari satu jenis tanaman hias yang berbeda beda.
  • Untuk proses selanjutnya adalah taruh tanaman yang baru ditanam tersebut ke ruangan yang sejuk dan teduh
  • Langkah selanjutnya adalah siram bibit tersebut dengan air secukup nya minimal 1 minggu sekali.
  • Kemudian tunggu saja bibit tanaman tersebut hingga setinggi 10cm dengan 2-4 daun yang sudah muncul, kemudian anda bisa memindakannya ke tempat/lahan terbuka, dan anda juga bisa memindahkannya ke dalam pot.

Proses Pemupukan

Proses pemupukan ini harus disesuaikan dengan jenis pupuk nya

  • Pupuk Akar

Sebelumnya anda harus membuat kan parit kecil dengan lebar dan kedalamannya kurang lebih dari 7-10cm dan hanya berjarak 10cm dari tanaman tersebut.

Pupuk akar yang sudah terbentuk dari butiran kemudian disebarkan secara merata kedalam parit tersebut.

Kemudian tutup parit dengan tanah. Penutupan ini bertujuan untuk menceegah terjadi nya penguapan karena pupuk akar ini akan mudah menguap bila terkena cahaya matahari.

Lakukan penyiraman kepada tanah yang terdapat pada pupuk tersebut.

  • Pupuk Organik

Anda harus bisa menyesuaikan pemupukan sesuai dengan tanaman hias tersebut yang akan anda kasih pupuk.

Jika anda menggunakan pot yang berukuran diameter 20cm maka anda hanya membutuhkan pupuk sekitar 2g saja.

Dan lakukan pemupukan pada akar dan daun nya saja.

Proses Penyiraman

Bila anda akan menyiram tanaman hias dengan menggunakan tangan maka anda harus melakukan hal ini.

  • Pada tanaman hias yang berukuran kecil, anda harus membuat ceruk pada tanah tepat dibawah di garis tetes air dari daun dan mengisinya 2 sampai 3 kali saja.
  • Dan apabila pada tanaman yang berukuran besar aplikasikan air yang akan mersap perlahan kurang lebih 20-30 menit dibeberapa titik di sekitar garis tetesan tersebut.

Proses Penyiangan

Proses ini akan sangat bertujuan untuk menjaga kebersihan lahan dari gulma.

Penyiangan ini dapat dilakukan dengan berbagai cara, diantaranya :

Secara manual dengan tangan, yaitu dilakukan dengan menggunakan tangan yang mencabut rumput disela-sela tanaman. Mencabut rumput penganggu atau gulma dengan tangan cenderung melelahkan dan pada umumnya dikerjakan dengan tenaga kerja yang banyak atau pada lahan yang sempit, misalnya pertanian dalam pot atau polybag.

Secara kimiawi dengan herbisida, yaitu dilakukan dengan memberikan herbisida pada rumput yang menjadi gulma disekitar tanaman utama (tanaman produksi) . Herbisida yang di pilih secara selektif mampu membunuh gulma, namun tidak menyakiti tanaman produksi. Herbisida digunakan ketika mekanisasi tidak memungkinkan atau tidak diinginkan.

Mungkin cukup sekian dulu artikel pada siang hari ini yang berhubungan dengan Pengertian dan Cara Perawatan Tanaman Hias dan baca juga artikel artikel dari saya yang lainnya semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi anda semua. Dan jangan lupa di like, comment, dan di share ya.

Leave a Reply