Home >> Properti >> Membuat Dapur Mungil yang Nyaman
Membuat Dapur Mungil
Membuat Dapur Mungil

Membuat Dapur Mungil yang Nyaman

Beberapa orang menuntut untuk membuat dapur mungil di dalam rumah. Alasan kenapa tidak ingin membuat dapur dengan ukuran yang besar adalah karena supaya praktis dan mudah untuk membersihkanya. Namun untuk membuat dapur mungil ini, kenyamanan juga harus diperhatikan. Jangan hanya karena ingin mudah dibersihkan kemudian kenyamanan saat memasak diabaikan. Kenyamanan di dapur sangat penting. Apalagi ketika anggota keluarga yang lain datang. Kesibukan di dapur akan meningkat.

Momen hari raya atau hari besar lainya adalah saat dimana ada banyak tamu berkunjung ke rumah. Aktivitas di dapur akan semakin sibuk untuk membuat makanan atau minuman untuk mereka. Belum lagi peralatan makan yang setelah digunakan bakalan menumpuk di bak cuci dapur.

Berikut ini beberapa tips untuk membuat dapur mungil yang nyaman:

  1. Ruang kosong

Maksimalkan ruang kosong di dapur sebagai tempat yang berguna seperti membuat tempat untuk bumbu, peralatan memasak dan lain sebagainya.

  1. Laci

Buatlah laci di dinding atau dibagian bawah tempat cuci piring untuk dijadikan tempat yang bermanfaat untuk menyimpan berbagai peralatan dapur seperti penggorengan, panci dan lain sebagainya.

  1. Kompor

Di dalam dapur yang mungil sebaiknya gunakan kompor tanam yang menyatu dengan oven dibawahnya. Pemanfaatan kompor ini bisa membuat dapur sempit terasa lebih luas.

  1. Saluran air dan udara

Ventilasi udara sangat penting di dalam ruangan apalagi di dapur mungil. Asap dari kompor dan dari makanan yang digoreng bisa membuat engap apabila sirkulasi udara di dapur tidak lancar. Bila memungkinkan berilah jendela atau angin – angin udara di dapur. Atau jika tidak bisa, maka bisa menggunakan exhaust fan agar sirkulasi udara di dapur kembali lancar.

Saluran air juga sangat penting di dapur. Ketika anda mencuci piring atau membersihkan peralatan memasak yang lain pembuangan kotoran atau sampahnya harus diperhatikan. Jangan sampai saluran airnya tidak lancar dan pembuanganya salah akibatnya akan membuat dapur menjadi bau. Kondisi dapur yang kotor dan bau bisa mengurangi kenyamanan saat melakukan aktivitas di dapur.

Leave a Reply