Home >> Gaya Hidup >> Kesehatan >> Tips Menjaga Kesehatan saat Musim Hujan Tiba

Tips Menjaga Kesehatan saat Musim Hujan Tiba

Memasuki bulan Nopember, musim kemarau berangsur berganti ke musim penghujan. Perubahan cuaca yang tadinya panas menjadi dingin yang tidak menentu. Bahkan terkadang terasa dingin yang begitu ekstrim akibat hujan yang turun di siang dan malam hari. Kondisi tersebut berdampak langsung pada tubuh yang menyebabkan daya tahan tubuh menurun.

Untuk menghadapi musim hujan yang telah tiba, anda perlu untuk meningkatkan daya tahan tubuh agar segala aktivitas anda tidak terganggu. Ada 3 tips menjaga kesehatan tubuh yang bisa anda di antaranya adalah sebagai berikut:

  1. Menjaga pola makan

Untuk meningkatkan daya tahan tubuh agar lebih siap menghadapi dinginya musim penghujan, anda perlu menjaga pola makan. Asupan gizi dari makanan yang bernutrisi hukumnya wajib bagi anda.

Mengkonsumsi makanan yang bernutrisi seperti susu, sayur dan buah – buahan perlu ditambahkan dalam menu harian anda khususnya menu sarapan. Sarapan adalah yang utama untuk menunjang aktivitas harian. Jadi jangan lewatkan waktu untuk sarapan dengan menu makanan yang bergizi.

  1. Tidur yang berkualitas

Tidur merupakan saat di mana seluruh anggota tubuh anda melakukan rileksasi. Tidur yang baik membantu memulihkan seluruh anggota tubuh. Oleh sebab itu tidur yang berkualitas sangat pentin untuk membantu menjaga kesehatan saat musim hujan.

Untuk usia produktif, waktu yang ideal untuk mendapatkan tidur yang berkualitas adalah 7-9 jam. Jika anda tidak memiliki jam lembur malam, sebaiknya waktu tersebut anda gunakan untuk istirahat. Hindari begadang untuk hal – hal yang tidak perlu.

  1. Berolah raga

Saat hujan, biasanya membuat anda malas gerak atau malas melakukan aktivitas. Tubuh yang sering diajak untuk bersantai – santai saja tanpa ada aktivitas oleh fisik bisa membuat daya tahan tubuh anda menurun.

Rutin melakukan olah raga dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh. Lakukan olah raga ringan seperti jogging di pagi hari bisa anda coba untuk mengolah fisik anda agar daya tahan tubuh lebih sehat.

Demikian tips menjaga kesehatan saat musim hujan yang bisa anda coba. Semoga bermanfaat dan bisa meningkatkan daya tahan tubuh sehingga aktivitas anda tetap bisa dijalani dengan sukses dan berhasil.

Leave a Reply