Home >> Internasional >> Prora, Hotel Terpanjang di Jerman
Hotel Prora
Hotel Prora

Prora, Hotel Terpanjang di Jerman

Siapa yang mengira di tengah kekuasaan rezim Hitler, Jerman ternyata sempat membuat sebuah bangunan hotel terpanjang di jerman. Hotel tersebut dikenal dengan nama hotel Prora.

Hotel prora memiliki panjang lebih dari tiga mil yang membentang di sepanjang pantai pulau Ruegen. Hotel Prora memiliki 10.000 kamar tidur. Karena letaknya tepat di pesisir laut Baltik, maka kamar tidur itu dibangun langsung menghadap hamparan laut biru yang laus. Begitu tamu bangun tidur, sapaan hangat mentari pagi langsung masuk ke dalam kamar dan ketika mata terbuka maka pemandangan laut biru langsung menyambut para tamu. Namun sayangnya, hotel terpanjang di jerman ini sejak 73 tahun silam sudah tidak ada lagi pengunjung yang datang untuk menginap.

Hotel Prora pada awalnya dibangun dengan tujuan untuk sebagai tempat rekreasi pekerja jerman. Hotel terpanjang di jerman ini juga digunakan sebagai tempat yang tepat untuk menyebarkan propaganda Nazi.

Pemerintah Nazi meulai membangun hotel Prora pada tahun 1936. Untuk membangun hotel terpanjang di jerman ini pemerintah Nazi mempekerjakan 9000 orang. Butuh waktu tiga tahun untuk menyelesaikan pembangunan Hotel Prora. Rencana jangka panjang pemerintah Nazi akan membangun empat resort yang dilengkapi dengan berbagai fasilitas seperti aula festival, kolam renang, bioskop dan dermaga kapal pesiar.

Hotel Prora memiliki 20.000 tempat tidur. Setiap kamar memiliki ukuran 5 x 2,5 meter. Setiap kamar terdapat dua tempat tidur. Di setiap lantai hotel Prora memiliki kamar mandi, toilet dan juga ballroom. Di bagian tengah, terdapat sebuah bangunan besar yang difungsikan sebagai rumah sakit apabila terjadi perang.

Di saat pembangunan hotel belum selesai, perang dunia ke II terjadi. Para pekerja bangunan kemudian dialihkan untuk membangun pabrik senjata. Setelah perang berakhir, hotel Prora kemudian berubah fungsi menjadi pos militer untuk tentara jerman timur.

Setelah jerman barat dan jerman timur bergabung, hotel Prora kemudian berubah fungsi lagi menjadi sekolah teknik militer Bundeswehr. Hotel kemudian ini juga digunakan sebagai tempat perlindungan para pencari suaka dari Balkan.

Tahun 2011 lalu, satu blok dari Hotel Prora diubah menjadi youth hostel yang memiliki 400 tempat tidur. Rencana ke depan, Hotel prora akan diubah lagi menjadi resor wisata modern yang memiliki 300 tempat tidur dan beberapa fasilitas seperti kolam renang, lapangan tenis dan pusat perbelanjaan.

Leave a Reply