Home >> Internasional >> Desain Rumah Sakit Unik di Denmark
Ilustrasi Desain Rumah Sakit Unik
Ilustrasi Desain Rumah Sakit Unik

Desain Rumah Sakit Unik di Denmark

Rumah sakit biasanya dibuat dengan desain yang semirip mungkin dengan kondisi rumah yang sebenarnya. Desain ini memang sengaja dibuat agar para pasien merasa di rumahnya sendiri walaupun sebenarnya dia berada di rumah sakit bersama dengan pasien yang lainya.

Di Denmark ada sebuah rumah sakit yang dibuat dengan desain yang unik. Desain rumah sakit ini jika dilihat dari atas akan terlihat seperti bentuk daun semanggi empat cabang. Rumah sakit tersebut bernama New North Zealand Hospital. Rumah sakit ini dibangun di Hillerod, Denmark.

Bangunan rumah sakit unik di Denmark ini dibangun tidak lebih dari empat lantai. Namun di dalamnya bisa menampung hingga 24 departemen medis. Di bagian atap bangunan rumah sakit ini, dibangun sebuah taman besar yang indah yang bisa dikunjungi oleh para pasien.

Konsep hijau begitu kental dari bangunan tersebut. rumah sakit unik ini juga terlihat begitu menyatu dengan landscape di sekitar rumah sakit yang masih banyak ditumbuhi oleh pepohonan dan rerumputan. Ini karena bangunan rumah sakit ini juga berada di jantung hutan Denmark.

Herzog & de Meuron adalah pencetus ide rumah sakit unik ini. untuk merealisasikan proyek rumah sakit ini, mereka bekerja sama dengan firma lokal, Vilhelm Lauritzen Architects.

Rumah sakit unik ini rencananya baru akan efektif beroperasi pada tahun 2020 mendatang. Sedangkan untuk ekspansinya akan dilaksanakan pada tahun 2050. Konsep rumah sakit yang menarik ini tentu akan menjadi rumah sakit yang inspiratif karena pasien yang datang kesana tidak akan takut lagi mengunjungi rumah sakit yang selama ini rumah sakit dikenal sebagai tempat yang menyeramkan.

Adanya taman di atas atap rumah sakit juga bisa menjadi tempat alternative bagi pasien untuk mencari udara segar sembari jalan – jalan di atas taman atap rumah sakit. Landscape hijau yang menyatu dengan alam akan membuat suasana alam yang begitu terasa di atas taman yang berbentuk seperti daun semanggi ini.

Leave a Reply