Home >> Bisnis >> September Ceria Untuk Petani Tembakau Lamongan

September Ceria Untuk Petani Tembakau Lamongan

September ceria, tidak hanya indah sebagai lirik lagu tetapi juga benar – benar menjadi indah di hati para petani tembakau di Lamongan. Siapa petani tembakau yang tidak meringis apabila mendengar harga tembakau di tahun 2017 ini kian bersahabat dengan para petani. Kabar terbaru terdengar harga tembakau di lamongan saat ini perkilo daun kering dihargai 20 ribuan.

Sungguh kabar yang menyenangkan bagi para petani yang di musim kemarau ini menanam tembakau. Kendati sumber air sudah banyak yang mulai kering, namun begitu kabar harga tembakau mulai merangkak naik kegundahan hati berganti menjadi ceria.

Misron, salah satu petani tembakau di lamongan mengatakan bahwa harga tembakau koseran atau daun tembakau yang paling bawah saja saat ini untuk yang kering mencapai 20.000 per kilo.

“harga tembakau koseran saat ini Rp 20.000,” ujarnya.

Harga ini terbilang cukup tinggi mengingat kualitas tembakau koseran sebenarnya tidak sebaik daun tembakau yang bagian tengah. Bagi petani yang sudah panen, harga tembakau kering ini sungguh sangat menguntungkan petani khususnya petani lamongan yang mayoritas saat ini menanam tembakau.

Kabar harga tembakau di lamongan yang mahal sebenarnya sudah terdengar jauh – jauh hari. Bahkan bapak tujuh anak ini menambahkan, harga tembakau dikabarkan akan mahal untuk tahun ini. Berita ini dia dapat dari beberapa pengepul tembakau dan dari beberapa warga sekitar, ngangkrik kidul.

“beberapa pengepul tembakau menyarankan saya agar menanam tembakau sebab tahun ini tembakau ada harganya,” tambahnya.

Dari tahun – tahun sebelumnya, harga tembakau koseran biasa menjadi patokan para petani. Bagi mereka yang sudah terbiasa menanam tembakau, biasanya harga tembakau koseran merupakan harga awal yang menentukan harga berikutnya. Jika harga koseran saja cukup tinggi maka ada kemungkinan harga tembakau yang tengah bisa lebih mahal lagi.

Kabar terbaru yang dituturkan oleh para petani di Ngangkrik Kidul, Desa Gebangangkrik, Kecamatan Ngimbang, disebutkan bahwa harga tembakau bisa di atas 25.000 hingga 30.000 an (tiga puluh ribuan).

Kabar ini tentu menjadi angin segar bagi petani tembakau ngangkrik kidul. Senyum sumringah terlihat dari wajah para petani di sana.

Leave a Reply