Home >> Wisata >> Info dan Tips >> Resep dan Cara Membuat Soto Lamongan
Resep dan Cara Membuat Soto Lamongan
Resep dan Cara Membuat Soto Lamongan

Resep dan Cara Membuat Soto Lamongan

Anda pasti tau Soto Ayam, siapa yang tidak mau dan tidak suka jika diberikan soto ayam. Pasti orang yang diberikan soto ayam tidak akan menolaknya, apalagi jika diberikan dengan secara gratis.

Soto Ayam merupakan salah satu makanan yang khas di Indonesia. Soto adalah sebuah makanan yang memiliki kuah yang khas yang memiliki rasa dan aroma yang khas, dan didalam kuah tersebut terdapat makanan-makanan lainnya yang tidak kalah enak dan justru menambah kelezatan makanan tersebut. Seperti mie, daging ayam, dan beberapa sayuran. Hampir seluruh orang yang ada di Indonesia bisa memasak makanan yang satu ini.

Hamper seluruh daearah yang ada di Indonesia memiliki resep makanan sotonya tersendiri, memang tetap makananya sama namun pasti terdapat perbedaan yang ada di makanan soto ayam tersebut. Misalnya seperti bumbunya, makanan tambahan lainnya, dan sebagainya.

Namun pada saat ini saya membahas soto yang ada disuatu daerah, yang mana daerah yang satu ini sangat terkenal dengan makanan sotonya. Yaitu adalah Lamongan, Lamongan memiliki berbagai keanekaragaman mulai dari orangnya, tempatnya, dan juga makanan khasnya, salah satunya adalah Soto Lamongan.

Resep dan Cara Membuat Soto Lamongan
Resep dan Cara Membuat Soto Lamongan

Soto Lamongan merupakan soto ayam yang paling banyak disenangi oleh masyarakat yang ada di Indonesia tidak hanya dalam negeri saja, ternyata juga ada para wisatawan yang dari berbagai negara datang ke Lamongan selain untuk ke tempat wisatanya juga ingin menikmati makanan khasnya, dan salah satunya adalah Soto Lamongan.

Disini kami akan memberikan cara dan resep Soto Lamongan yang merupakan makanan khas Lamongan yang satu ini. Berikut adalah resep dan cara membuat soto Lamongan.

Resep Soto Lamongan

Resep dan Cara Membuat Soto Lamongan
Resep dan Cara Membuat Soto Lamongan

Soto Ayam yang dimiliki oleh daerah Lamongan yang satu ini berbeda dengan soto ayam yang biasanya. Yang membuat soto Lamongan berbeda yaitu dari pembuatan kuahnya, yanga mana pada kuah tersebut terdapat banyak bumbu dan rempah-rempah yang berbeda dengan bumbu soto ayam pada umumnya. Berikut adalah rempah-rempah yang harus dipersiapkan untuk membuat Soto Lamongan:

Bahan yang harus dipersiapkan yaitu:

  • Satu ekor ayam kampong yang sudah di belah menjadi empat bagian, kenapa dipilih ayam kampong? Karena ayam kampung memiliki rasa daging yang berbeda dengan ayam potong
  • Kemudian persiapkan 2000 ml air putih
  • Kemudian persiapkan daun jeruk minimal 6 lembar, supaya menambah aroma yang khas. Diusahakan supaya menghilangkan tulang daunnya
  • Persiapkan 3 batang serai yang sudah di memarkan
  • Persiapkan satu sendok makan gula pasir
  • Kemudian satu sendok teh merica bubuk
  • Peersiapkan dua sendok makan garam, karen garam merupakan rajhanya bumbu
  • Dan juga persiapkan minyak goring untk menumis bumbu dan menggoreng ayam kampungnya.

Dan bumbu bumbu yang harus dihaluskan adalah:

  • 6 siung bawang putih
  • Jahe
  • 4 butir kemiri yang sudah di sangria
  • Kemudian kunyit yang sudah dibakar
  • 10 bawang merah
  • Garam ¼ dengan sendok the
  • 12 cabai rawit yang merah
  • Tiga suing bawang putih
  • 4 cabai biasa

Dan cara membuat soto ayam Lamongan:

  1. Untuk yang pertama Anda harus merebus air bersih 2 liter (2000 ml) sampai mendidih . kemudian ayam yang sudah dipotong menjadi 4 bagian tadi dimasukan hingga mendidih.
  2. Kemudian panaskan minyak sedikit saja, minimal 2 sendok makan . kemudian tumis bumbu-bumbu tadi yang sudah dihaluskan dan juga masukan daun jeruk dan serai sampai tercium bau harum.
  3. Setelah keluar bau harumnya, Anda supaya memasukan air rebusan dari ayam yang sudah dipotong menjadi 4 bagian tadi.
  4. Kemudian masukan juga 1 sendok the merica bubuk, ¼ sendok teh garam dan 1 sendok makan gula pasir. Masak hingga matang.
  5. Kemudian panaskan minyak dan masukan ayam dan gorenglah sampai berwarna kecoklatan.
  6. Setelah itu angkat dan suir-suir ayam goring tersebut.
  7. Setelah itu masukan kuah tadi yang sudah dicampur dengan rempah-rempah tadi di mangkuk, dan kemudian taburkan suir-suiran ayam tadi diatasnya.
  8. Soto tidak akan lengkap tanpa sambal. Untuk membuat sambal soto Lamongan yaitu. Pertama Anda harus merebus cabai rawit merah, bawang putih, dan cabai merah biasa sampai layu, kemudian angkat dan dihaluskan bersama dengan rajanya bumbu yaitu garam.
  9. Kemudia sajikan semuanya, Anda bisa menambahkan tambahn-tambahan yang lain seperti keripik singkong, kerupuk, telur dan makanan tambahan lainnya.

Nah mudah kan? Anda bisa melakukannya di rumah sebagai makanan bersama teman Anda, keluarga Anda, siapapun pasti akan ketagihan dengan makann khas Lamongan yang satu ini.

Leave a Reply