Home >> Wisata >> Kuliner >> Inilah Beberapa Budaya Dan Makanan Khas kota Lamongan
Makanan dan budaya Khas kota lamongan
Makanan dan budaya Khas kota lamongan

Inilah Beberapa Budaya Dan Makanan Khas kota Lamongan

Lamongan merupakan salah satu kabupaten yang ada jawa timur yang memiliki banyak pesona alam dan tempat – tempat wisata yang juga ramai dikunjungi oleh banyak orang. Namun tidak hanya itu saja, ternyata kota lamongan juga terkenal akan banyaknya budayanya seperti tari mayang madu, tari boran, tari turonggo solah, tari capin ngancak, tari sinau, tari silir – silir dan lain – lainya. Diantara beberapa tarian tersebut, tari mayang madulah yang menjadi tarian khas budaya dan berkembang di kota lamongan. Tari mayang madu ini menceritakan tentang kisah perjalanan wali songa yang sedang menyebarkan agama islam di pulau jawa, yang khususnya di kota lamongan ini yaitu sunan derajat. Yang menyebarkan agama islam melalui kesenian  yang salah satunya yaitu dengan mengunakan musik dan musik yang sering dipakai adalah musik singo mangkok. Tari mayang madu sendiri biasanya ditampilkan dalam bentuk tarian tunggal atau kelompok maupun secara msal.

Tidah hanya tarian – tarian saja yang terkenal di kota lamongan ini, namun kota lamongan juga terkenal dengan makanan khasnya, terdapat beberapa makanan khas lamongan yang juga sangat populer dikalangan masyrakat di antaranya yaitu:

  1. Soto Lamongan
    Makanan Khas kota lamongan
    Makanan Khas kota lamongan

Siapakah yang tidak mengenal dengan makanan asal lamongan ini yaitu soto lamongan? Pasti kita sudah mengenalnya bukan? Soto lamongan merupakan salah satu makanan yang sangat terkenal di kota lamongan bahkan juga terkenal di kota – kota selain kota lamongan. Soto lamongan merupakan soto yang mengunakan salah satu bahan yaitu koya atau semacam bubuk bawang putih. Dalam segi penyajianya, soto lamongan biasanya disajikan terdiri dari beberapa macam bahan yaitu nasi, ayam, telur, telur muda, seledri, so’un dan tidak ketinggalan dengan kuahnya.Dan kini soto lamongan sudah banyak dijajakan di warung – warung makanan, di warung – warun pinggir jalan. Dan rasa kuah nya pun cukup nikmat dan segar sangat cocok untuk disantap.

  1. Wingko Babat
    Makanan Khas kota lamongan
    Makanan Khas kota lamongan

Wingko atau wingko babat juga merupkan salah satu makanan khas lamongan yang sangat populer atau terkenal. Wngko adalah sejenis kue yang dibuat dari bahn utama kelapa. Ketika anda berlibur ke lamongan sangat  disayangkan sekali apabila anda tidak mencicipi oleh – oleh asal lamongan yang satu ini, karna kebanyak wisatawan yang berlibur ke lamongan pasti tidak melewatkan makanan yang satu ini. Wingko babat juga sangat mudah untuk dijumpai di mana terutama di daerah lamongan ini. Karna wingko memiliki rasa yang manis dan nikmat maka wingkaopun banyak diburu oleh banyak orang tidak hanya wisatawan luar kota lamongan saja namun masyarak lamonga sendiri juga banyak yang menyukai makanan ini. Dan pusat dari makanan wingko ini yaitu berasal dari desa babat, karna itu banyak orang yang menyebutnya wingko babat.

  1. Nasi Boranan
    Makanan Khas kota lamongan
    Makanan Khas kota lamongan

Nasi baron juga merupakan salah satu makan khas asal lamongan, namun tidak terkenal seperti wingko dan soto lamongan. Nasi baron lebih terkenal di kalangan masyarakat lamongan sendiri. Makanan ini biasanya disajikan mengunakan daun pisang yang membuatnya lebih tradisional. Dan nasi boranan sendiri terdiri dari beberapa l;auk tambahan seperti tempe, ikan, tahu, ayam, rempeyek.

Dan masih banyak lagi sebenarnya makanan lamongan yang lainya, namun yang cukup terkenal yaitu beberapa makanan di atas, Dan sampai saat inipun makan tersebut juga masih tetap populer bahkan sudah menyebar ke berbagai daerah di indonesia seperti jombang, kediri dan lain – lainya.

Leave a Reply