Home >> Sejarah >> Mengungkap Sejarah Di Balik Indahnya Goa Maharani
goa maharani

Mengungkap Sejarah Di Balik Indahnya Goa Maharani

Sejatinya, alam memang menyuguhkan sejuta misteri dan keindahan bila kita menelusurinya. Karena alam memiliki keindahan sebagai karunia atas ciptaan sang maha kuasa untuk di saksikan oleh makhlukNya sebagai sebuah peringatan dan bukti kuasaNya atas selur alam di muka bumi ini. Maka sudah sewajarnya bila banyak sekali keajaiban alam yang lambat laun di temukan oleh makhluknya, seperti kawah berwarna warni air, danau bawah laut, dll. Semua itu hanyalah beberapa contoh kecil atas bukti kuasanya. Tak terkecuali dengan goa juga.

Goa adalah salah satu keajaiban dari perut bumi, tak terkecuali goa maharani. Siapa yang tak mengenal goa maharani? Goa maharani adalah goa nag terletak di paciran, lamongan jawa timur dan menjadi salah satu daftar destinasi wisata di jawa timur yang tidak boleh terlewatkan bagi siapa pun yang sedang berwisata ke lamongan ini. Selain keindahan dan pengalaman menyusuri  isi goa yang mampu menghipnotis mata, ternyata kita juga dapat melihat aneka satwa di dalamnya.

Menurut peneliti, goa ini dapat di katakan sebagai salah satu keajaiban dunia. Karena masih memiliki stalaktit dan stalakmit yang masih aktif. Apa itu stalaktit? Stalaktit adalah batuan yang menggantung di atas goa, karena terbentuk oleh air yang jatuh menetes bersamaan dengan kandungan mineral di dalamnya. Dan sedangkan stalagmit adalah batuan dasar goa yang terbentuk karena akumulasi air bercampur mineral yang jatuh sedikit demi sedikit ke batuan dasar goa. Namun uniknya menurut penelitian para ahli batuan ini masih dapat terus tumbuh sekitar 1 cm setiap 10 tahunnya.

Konon katanya penemuan goa maharani ini dapat di katakan unik dan misterius, karena goa ini dulunya di temukan oleh salah satu warga sekitar tepatnya pada tanggal 6 agustus 1992, ketika itu ia sedang mencari batu kapur sebagai bahan baku pupuk. Lalu ia terkejut, karena tempat yang sedang ia gali tiba-tiba longsor dan menimbulkan lubang. Kemudia ia pun takjub dengan penampakan yang ia temukan di dalam lubang, yaitu sebuah goa yang sangat indah

Terlepas dari kejadian tersebuat, malam harikemudian ia bermimpi di datangi oleh seorang perempuan cantik bernama dewi maharani, yang mengaku sebagai makhlus halus penghuni goa tersebut. Lalu dewi tersebut berpesan bahwa siapapun boleh mengunjungi goa tersebut asalkan di jaga dan di rawat dengan baik.

sejarah goa maharani

Setelah kejadian tersebuat, ia langsung melaporkan temuan yang ia temukan pada pihak setempat yang berwenang. Kemudia goa tersebut secara resmi di buka oleh bupati lamongan bernama muhammad faried fada tahun 1994.

dan saat ini, goa maharani sudah di dandani menjadi lebih cantik dan menarik mata memandang, Yaitu dengan di pasanginya warna-warni lampu yang menarik, sehingga setiap keindahan di sisinya dapat tersorot cahaya dengan baik. Selain itu pengunjung juga dapat menikmati keindahan ornament batuan stalaktik dan stalakmit yang akan terus tumbuh dan semakin indah. Maka sudah sepatutnya kita menjaga keindahan dan keasrian goa maharani ini, agar anak cucu kita masih dapat menjumpai salah satu keajaiban perut bumi yang sangat indah nan mempesona mata.

Memang banyak sekali karunia tuhan yang telah Ia siapkan untuk makhluknya demi memberikan kenikmatan pada setiap generasi-kegenerasi makhluk yang Ia ciptakan. Tak terkecuali keindahan alam, karena sebagai peringatan dan bukti kuasa tuhan yang maha esa ini atas seluruh alam. Maka sudah sepatutnya kita ikut menjaga dan melestarikan karuniaNya yang telah Ia berikan pada kita. Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda. Sekian dan terima kasih atas kunjunganya.

Leave a Reply