Home >> Berita Jatim >> Beberapa Makanan Khas Lamongan
Beberapa Makanan Khas Lamongan

Beberapa Makanan Khas Lamongan

Makanan Khas Lamongan

Lamongan merupakan tempat yang beraneka ragam mulai dari orangnya, tempatnya, dan juga makanannya. Saat ini pada artikel ini kami akan membahas tentang berbagai makanan-makanan yang sudah menjadi favorit dan juga sering menjadi incaran baik itu pengunjung maupun orang dari tempat itu sendiri.

Dan pengunjung itu bukan hanya dari lokal saja ada juga wisatawan dari mancanegara yang jauh dari tempatnya masing-masing hanya untuk mencari dan juga menikmati makanan-makanan tersebut. Ada yang memakannya langsung tetapi juga ada yang menjadikannya sebagai buah tangan.

Dan makanan-makanan khas ini banyak dijual dijalan-jalan dan harganya pun cukup terjangkau, jadi tidak perlu mengeluarkan uang yang banyak tetapi mendapatkan kenikmatan yang besar. Berikut adalah macam-macam nama makanan khas lamongan:

Nasi Boranan

Mungkin dari Anda, makanan khas dari Lamongan hanyalah soto dan wingko saja. Namun ternyata juga ada makanan khas lainnya yang juga tidak kalah enak dengan makanan tadi.

Beberapa Makanan Khas Lamongan
Beberapa Makanan Khas Lamongan

Nasi Boranan merupakan makanan favorit penduduk dari Lamongan dan merupakan makanan yang biasa dikunjungi dan dicari oleh para wisatawan baik itu dari dalam negeri  maupun luar negeri. Karena makanan ini sangat enak. Makanan khas Lamongan ini disajikan menggunakan daun pisang yang menambah citarasa pada Nasi Boranan selain itu daun pisang tersebut juga menunjukan yang membuatnya lebih tradisional. Makanan khas Lamongan ini terdiri dari Tempe, Tahu, Ikan, Ayam, Rempeyek, dan juga pastinya Nasi.

Soto Lamongan

Makanan khas Lamongan ini merupakan makan utama dan makanan paling istimewa dari Lamongan, dan Soto Lamongan ini menjadi banyak incaran para wisatawan karen berbeda dengan soto yang lainnya.

Beberapa Makanan Khas Lamongan
Beberapa Makanan Khas Lamongan

Soto Lamongan ini berbeda dengan soto lainnya, karena Soto Lamongan ini merupakan soto yang menggunakan koya atau semacam bubuk dari bawang putih. Dalam penyajian Soto Lamongan ini terdiri dari Nasi, Ayam, Telur, Telur muda atau telur yang sudah dipotong-potong, Daun Seledri, So’un, dan juga kuah. Terdapat dua penyajian dalam makanan khas Lamongan ini, yang mana dapat disajikan terpisah antara nasi dengan kuah atau sup, dan juga bisa dicampur dalam satu mangkuk antara nasi dengan yang lainnya. Anda akan menikmati gurihnya dan nikmatnya Soto Lamongan ini.

Tahu Campur

Kemudian makanan khas Lamongan lainnya adalah Tahu Campur. Makanan ini juga termasuk makanan yang diincar oleh para wisatawan karena kenikmatannya yang khas berbeda dengan makanan khas lainnya. sesuai dengan namanya makanan ini berbahan utamanya adalah Tahu, namun Tahu dalam makanan ini tidak terlalu mendominasi dengan keseluruhan dari bahan lainnya yang ada di dalam makanan tersebut.

Beberapa Makanan Khas Lamongan
Beberapa Makanan Khas Lamongan

Dan bahan-bahan yang terdapat dalam makanan khas lamongan ini diantaranya terdiri dari Lontong, Selada air, Toge, Daging, dan juga kerupuk udang. Dan dalam penyajiannya juga terdapat tambahan yang menjadikan makanan khas ini menjadi lebih dahsyat dan membuat orang yang mencobanya menjadi ketagihan yaitu berasal dari petis udang yang dijadikan sebagai bumbunya dan ada tambahannya lagi yaitu Lento. Lento adalah singkong yang digoreng kemudian dipotong-potong menjadi beberapa bagian.

Wingko

Dan makanan khas Lamongan yang selanjutnya adalah wingko, makanan khas ini sudah pasti tidak asing lagi dikalangan orang-orang.

Beberapa Makanan Khas Lamongan
Beberapa Makanan Khas Lamongan

Wingko atau di Lamongan menyebutnya dengan nama Wingko Babat merupakan kue yang bahan bakunya adalah kelapa makanan khas yang ini sangat manis dan gurih. Wingko bisa dimakan langsung dan juga bisa dijadikan sebagai oleh-oleh khas dari Lamongan karena makanan yang satu ini bisa bertahan lama dan cocok untuk dijadikan sebagai buah tangan.

Demikianlah beberapa info tentang makanan khas dari Lamongan yang mungkin Anda bisa kunjungi dan bisa Anda coba, dengan mengetahuinya semoga bisa bermanfaat untuk Anda.

Leave a Reply