Home >> Agama >> Sejarah Lamongan
Sejarah Lamongan
Sejarah Lamongan

Sejarah Lamongan

Lamongan

Lamongan merupakan tempat yang berada di Provinsi Jawa Timur yang letaknya berada kawasan metropolitan yang berada diwilayah Surabaya. Yang mana Lamongan banyak sekali keanekaragamannya mulai dari tempatnya, makanannya, dan juga orang-orangnya.

Sebelum kita membahas dari keunikan-keunikan yang lain, lebih baik kita mengetahui terlebih dahulu sejarah dari Lamongan. Berikut adalah sejarah dari Lamongan.

Sejarah Lamongan

Lamongan merupakan nama yang berawal dari seorang tokoh pada zaman dulu. Pada zaman dahulu, ada sesorang yang memiliki nama Hadi, dia memiliki pangkat sebagai Rangga, dan akhirnya dia sering disebut sebagai Ranghadi. Ranghadi adalah seorang yang cerdas, dia sangat pintyar sekali dalam mengurus dan membina masyarakatnya dan dia juga merupakan orang yang pertamakali menyebarkan Agama Islam ditempat tersebut, sebab itulah seluruh rakyatnya sangat menyukai dan mencintai Ranggahadi.

Yang kemudian rakyatnya memanggil beliau sebagai Mbah Lamong yang bermakna pandai “Ngemong Rakyat”, dan awal nama tempat Lamongan berasal dari nama panggilan dari Ranggahadi yaitu Mbah Lamong yang sempat memimpin di kawasan tersebut.

Lamongan dulu merupakan kerajaan yang memiliki Adipati yaitu Tumenggung Surajaya yang dinobatkan oleh salah satu dari tokoh Agama yaitu Kajeng Sunen Giri IV yang gelarnya adalan sebagai Sunan Prapen, dan menjadi Adipati Lamongan untuk yang pertamakalinya. Penobatan tersebut bertepatan dengan hari pasamuan agung yang dilaksankan di Puri Kasunan Giri yang berada di Gresik. Yang dihadiri oleh banyak tamu yang merupakan tokoh tokoh agama, dan pelaksanaan Pasamuan Agung itu bertepatan dengan hari besarnya Islam yaitu Idzul Adha 10 Dzulhijah.

Sejarah Lamongan
Sejarah Lamongan

Berbeda dengan tempat-tempat lainnya yang ada di Jawa Timur yang kebanyakan menepatkan hari lahirnya tempat yang bersumber dari Prasasti, Candi, atau bahkan ada yang mengambil dari sumber-sumber peninggalan sejarah lainnya. Namun Lamongan mengambil hari lahirnya yang berdasarkan sumber dari sebuah buku wasiat. Buku tersebut merupakan buku yang dimiliki oleh Sunan Giri, yang mana didalam buku tersebut ditulis dengan tulisan Jawa Kuno yang kemudian disimpan oleh Juru Kunci Makam Giri di Gresik. Didalam buku tersebut berisi sebuah warisan yang mana didalamnya terdapat nama dari Almarhum dari Bapaknya Muhammad Baddawi, yang isinya bahwa yang menjadi Adipati Lamongan adalah Tumenggung Surajaya pada tahun 967 H. didalam buku tersebut tidak dituliskan tanggal dan harinya, melainkan hanyalah tahunnya saja.

Berdasarkan dengan adat yang berlaku pada saat itu, kemudian Panitia menetapakan hari Kamis Pahing tanggal 26 Mei 1569 M merupakan waktu diangkatnya Tumenggung Surajaya sebagai Adipati.

Yaitu dengan cara menelusuri jalannya tarikh hijriyah yang dipadukan dengan tarikh masehi, yang bergantung pada tanggal 1 Muharam Tahun Hijriyah yang terjadi pada tanggal 16 Juni 622 Masehi.

Tumenggung Surajaya yang menjadi Adipati Lamongan adalah Hadi yang berasal dari Cancing yang sekarang termasuk wilayah Desa Sandengrejo Kecamatan Ngimbang Kabupaten Lamongan. Hadi merupakan murid kesayangan dari Sunan Giri, karena Hadi merupakan murid yang baik, terampil, dan pintar dalam menguasai ajaran Agama Islam. Karena kecerdasan yang Hadi miliki akhirnya Sunan Giri menunjuk Hadi untuk menjalan tugasnya dalam menyebar luaskan Agama Islam, untuk melaksanakan tugas yang berat tersebut akhirnya Sunan Giri memberi pangkat kepada hadi sebagai sebagai Rangga.

Singkat cerita Rangga Hadi dan juga para pengikutnya berpergian dengan perahu dan melewati Kali Lamong,dan pada akhirnya menemukan tempat yang rencana akan dijadikan tempat dalam menyebarkan Agama Islam, dan nama tempat tersebut adalah Kenduruan yang saat ini masih ada dan berada di Kampung Kelurahan Sidokumpul wilayah Kecamatan Lamongan. Semua rencana dan usaha Rangga Hadi dalam membangun sebuah tempat untuk menyebarluaskan Agama Islam berhasil, itu semua juga dikarenakan bantuan dari para pengikutnya.

Demikianlah sejarah dari Lamongan semoga dengan mengetahui Sejarahnya Anda bisa lebih tau tentang Lamongan, setelah ini Anda bisa mencari Informasi-Informasi tentang Lamongan lainnya. semoga bermanfaat untuk Anda.

Leave a Reply