Home >> Gaya Hidup >> Kesehatan >> Makanan Sehat yang Dapat Berbahaya untuk Kesehatan
Makanan Sehat
Makanan Sehat

Makanan Sehat yang Dapat Berbahaya untuk Kesehatan

Tubuh yang sehat tentunya didapat dari pola hidup yang sehat dan tentunya asupan makanan yang tepat. Makanan sehat sangat baik untuk tubuh, makan yang sehat tidak harus sayuran atau buah buahan. Ini karena kedua bahan tersebut juga bisa jadi berbahaya jika kita tidak bisa mengolahnya dengan tepat. Lalu bagaimana cara yang tepat dalam memaksimalkan berbagai makanan yang sehat untuk keluarga? Yang pertama tentunya adalah selalu mencuci alat masak kita dan bahan bahan makanan dengan air yang mengalir agar segala zat jahat seperti pestisida dan lain lainnya dapat hilang dan makanan kita lebih aman untuk dikonsumsi.

Jika kita dulu mengenal makanan sehat adalah makanan yang 4 sehat dan 5 sempurna. Namun sebenarnya 5 sempurna kuranglah tepat. Tidak semua masyarakat mampu memberikan 5 sempurna kepada keluarga mereka, namun dengan asupan gizi yang seimbang saja sudah cukup dalam memberikan gizi yang bagus kepada keluarga. Namun taukah adan sebenarnya ada makanan yang sehat justru berbahaya bagi tubuh? Berikut ini adalah beberapa makanan tersebut :

  • Seledri

Sayuran yang memiliki warna hijau dan aroma yang begitu harum ternyata bisa menjadi sumber racun jika kita mengulang memasaknya. Jika Anda senang membuat sup untuk keluarga dan ternyata saat sore hari Anda harus menghangatkannya padahal didalamnya terdapat seledri, inilah yang berbahaya. Karena seledri memiliki zat yang dapat bereaksi menjadi penyebab kanker ketika dipanaskan.

  • Minyak Zaitun

Minyak yang kaya akan vitamin dan manfaat ini ternyata juga dapat berbahaya jika Anda salah menggunakannya. Sama halnya dengan seledri, minyak zaitun yang mendapatkan penamanasan dua kali akan menjadi zat karsinogenik atau penyebab kanker.

  • Kentang

Karbohidrat dari kentang sebenarnya sangat baik untuk orang diet, namun jika Anda memilih kentang yang berwarna hijau didalamnya terkandung racun solanin yang dapat mengakibatkan serangan jantung.

  • Almond

Almond liar yang salah Anda pilih terdapat racun yang berbahaya didalamnya, yaitu racun sianida.

Nah sekarang Anda tentunya lebih tau makanan sehat yang ternyata jika kita salah memilih dan mengolahnya dapat berbahaya untuk tubuh kita. Sebaiknya kita lebih berhati hati saat memasak suatu makanan. Apakah makanan tersebut untuk pemanasan dua kali, apakah aman, dan lain sebagainya. Jangan sampai tujuan kita menghidangkan makanan lezat dan sehat justru membawa penyakit untuk keluarga kita.

Selain pemilihan dan cara memasak, sebaiknya Anda perhatikan juga kebersihan sayur dan buah atau bahan makanan lainnya. Pencucian yang benar akan mengurangi dampak buruk pada makanan sehat yang kita hidangkan kepada keluarga. Usahakan masak dengan suhu yang tepat serta menjaga kandungan vitamin dengan cara memasak sayur tidak sampai terlalu matang. Nah, bagaimana? Mudah bukan menjalani hidup sehat?

Leave a Reply