Home >> Internasional >> Fakta – Fakta Mengenai Hari Perempuan Internasional
Hari Perempuan Internasional
Hari Perempuan Internasional

Fakta – Fakta Mengenai Hari Perempuan Internasional

Tanggal 8 Maret diperingati sebagai Hari Perempuan Internasional, kenapa? Hari Perempuan ini didedikasikan untuk para perempuan di seluruh dunia yang telah mencapai keberhasilannya dalam berbagai bidang seperti ekonomi, politik dan sosial. Mungkin sebagian dari Anda justru baru mengetahui adanya Hari Perempuan Sedunia atau International Woman’s Day. Latar belakang dari lahirnya Hari Perempuan Sedunia ini adalah karena adanya sebuah tragedi kekerasan terhadap perempuan. Hari Perempuan ini bahkan sudah lama digagas, sejak 8 Maret 1857 di New York, Amerika Serikat. Ada beberapa faktor yang menjadi latar belakang lahirnya Hari Perempuan Sedunia, diantaranya:

  1. Unjuk rasa buruh wanita pabrik garmen yang merasa mendapatkan perlakukan yang tidak adil dan buruk. Mereka mendapatkan diskriminasi dan tingkat gaji yang tidak setara dengan buruh laki-laki.
  2. Kejadian mengenaskan yang diterima leh buruh perempuan pada saat kebakaran besar terjadi di Pabrik Triangle Shirtwaist tahun 1911 yang menewaskan 123 nyawa buruh perempuan.
  3. Di Indonesia sendiri sebenarnya sudah lama dilakukan emansipasi perempuan yang dilakukan oleh Kartini. Pada waktu itu perempuan tidak boleh mengenyam pendidikan dan hanya berdiam diri di dapur (rumah). Hal itu yang membuat Kartini menjadi tergerak hatinya untuk memperjuangkan hak para perempuan, bahwasannya perempuan itu juga berhak mengenyam pendidikan dan melakukan kegiatan sosial di luar rumah.

Fakta-fakta seputar Hari Perempuan Internasional, diantaranya:

  1. Hari Perempuan Sedunia pertama kali diperingati pada tanggal 28 Febrari 1909 di Amerika Serikat setelah deklarasi Partai Sosialis Amerika.
  2. Pada Hari Prempuan Internasional, seluruan perempuan merayakan pencapaiannya dalam hidup, baik itu prestasi di bidang ekonomi, politik, dan sosial. Prestasi tersebut diharapkan dapat menjadi kisah yang dapat menginspirasi perempuan lainnya di seluruh dunia.
  3. Penggagas Hari Perempuan Sedunia adalah seorang pemimpin kantor perempuan yang berada di bawah Partai Sosialis Amerika, bernama Clara Zetkin.
  4. Taylor Swift sebagai penyanyi, juga ikut serta dalam perayaan Hari Perempuan Sedunia dan memposting perayaan tersebut.
  5. Tahun 1975, PBB meresponsi Hari Perempuan Internasional
  6. Sebanyak 15 negara setiap tahun pada tanggal 8 Maret menyatakan libur resmi untuk memperingati Hari Perempuan Sedunia
  7. Google pun ikut serta dalam peringatan Hari Perempuan Sedunia dengan membuat logo khususn di situs pencariannya.
  8. Di Amerika Serikat bulan Maret dijadikan sebagai ‘Women’s History Month’ untuk memperingati Hari Perempuan Sedunia.

Selain fakta-fakta di atas, pada dasarnya Hari Perempuan Sedunia ini diperingati sebagai bentuk kepedulian terhadap hak-hak perempuan, apalagi saat ini banyak sekali terjadi kasus kekerasan pada perempuan. Hal ini menimbulkan keprihatinan yang sangat mendalam. Hari Perempuan Internasional ini diharapkan dapat menjadi tonggak dan pembuktian hak-hak perempuan harus dihargai.

Leave a Reply