Home >> Agama >> Paham Thoriqoh Shiddiqiyah dalam Penyucian Jiwa
Paham Thoriqoh Shiddiqiyah
Paham Thoriqoh Shiddiqiyah

Paham Thoriqoh Shiddiqiyah dalam Penyucian Jiwa

Shiddiqiyah adalah sebuah paham, yaitu sebuah paham Tasawuf yang artinya kebersihan jiwa. Orang orang paham ini haruslah menjaga kebersihan dari jiwa mereka. Dilarang untuk mencela, berbuat tidak terpuji, memiliki pikiran yang kotor dan jahat, dan sebagainya. Sebagi jiwa yang paham hal ini, tentunya harus selalu menjaga kebersihan jiwa, melakukan tindakan terpuji, sesuai dengan ajaran Rosululloh dalam setiap tindak tanduknya. Tujuan paham ini adalah agar manusia mampu dididik, dituntun, serta dibimbing di jalan Alloh SWT yang benar benar dekat kepadaNya. Ini dialukan secara istiqomah dan ketaqwaan. Maka dalam memahami faham yang satu ini, hendaknya kita melepaskan pikiran duniawi kita separuhnya untuk lebih mendekatkan diri kita kepada Alloh SWT.

Beberapa cara mendekatkan diri kepada Alloh SWT melalui paham Shiddiqiyah adalah dengan beribadah Sholat 5 waktu, berpuasa, berdzikir dan selalu menyebut nama Alloh SWT, serta melakukan perbuatan yang terpuji. Awalnya silsilah ini dimulai dari Sayyidina Abu Bakar Shiddiq r.a. kemudian terus berkembang sehingga ada beberapa paham ini, yaitu sekitar 44 dan sekarang sudah sangat banyak. Walaupun silsilah ajarannya agak kurang jelas, namun ajaran paham ini tidak bertentangan dengan Al-Qur’an  dan Hadits, sehingga sah dan boleh saja diikuti atau dijalani. Sebenarnya paham ini sangatlah bagus, karena manusia diarahkan untuk selalu suci dalam pikiran, perbuatan, perkatan, serta kebersihan diri. Oleh karena ini mengapa banyak yang mengikuti paham ini.

Apapun paham yang mengajarkan kebaikan serta tidak bertentangan atau masih sejalan dengan Al-Qur’an maka tidak akan menyimpang. Ajarannya benar, bahwa manusia harus selalu berada di jalan Allah SWT yaitu jalan kebajikan dan kebaikan. Dalam setiap nafas umat muslim hendaknya selalu berdzikir menyebut nama Allah SWT agar kita memiliki pikiran yang lebih jernih dan membawa kita untuk selalu berbuat kebaikan. Paham Thoriqoh Shiddiqiyah ini sudah banyak diajarkan pada jaman dahulu, sehingga ini merupakan bukan hal yang asing lagi dalam perkembangan Islam. Tidak heram pengikut paham ini juga banyak.

Dalam membersihkan jiwa, kita sebaiknya selalu menjalankan Sholat 5 waktu, berpuasa, berdzikir, membaca Al-Qur’an, dan lain sebagainya. Menjadikan Islam sebagai panutan hidup, tentunya akan membawa kedamaian serta ketentraman pikiran dan batin. Sehingga tidak heran jika banyak yang menganut paham Shiddiqiyah ini sebagai acuan menuju jalan Allah SWT. Selama semua paham sejalan dengan Al-Qur’an, berarti paham tersebut adalah baik dan patut diajarkan kepada umat muslim lainnya. Memiliki jiwa yang bersih, terpuji, suci, tentunya akan membawa kedamaian yang hakiki. Selalu berdzikir menyebut nama Allah SWT adalah kunci ketenangan yang sejati. Semoga informasi mengenai paham Thoriqoh diatas dapat bermanfaat untuk Anda semua yang membutuhkannya.

Leave a Reply