Home >> Agama >> Sekilas Tentang NU ( Nahdlatul Ulama )
Nahdlatul Ulama
Nahdlatul Ulama

Sekilas Tentang NU ( Nahdlatul Ulama )

NU (Nahdlatul Ulama) merupakan sebuah organisasi islam yang ada di Indonesia. Organisasi Islam yang satu ini termasuk satu dari beberapa organisasi Islam terbesar yang ada di Indonesia. Dalam bahasa Indonesia tersendiri nama Nahdlatul Ulama memiliki sebuah arti Kebangkitan Ulama atau Kebangkitan Cendekiawan Islam. Organisasi yang satu ini berdiri sejak pada tahun 1926, tepatnya pada tanggal 31 Januari. Organisasi yang satu ini bergerak di beberapa bidang seperti bidang pendidikan, bidang ekonomi dan juga bidang sosial. Seperti apa tujuan dan juga hal lain yang terkait dengan organisasi Islam yang satu ini? Berikut ini informasinya untuk Anda.

Organisasi Islam NU (Nahdlatul Ulama) ini merupakan sebuah organisasi keagamaan yang juga turut serta memperjuangkan martabat bangsa di masa penjajahan. Dalam organisasinya,  NU atau Nahdlatul Ulama memegang teguh paham Ahlussunah waljama’ah, dimana dengan paham ini berarti para orang NU kebanyakan memiliki pola pikir  yang cenderung mengambil jalan tengah di antara dua pemikiran yang ekstrim, yaitu pemikiran rasionalis dan juga pemikiran skriptualis. Dalam sumber hukumnya, orang-orang NU tidak hanya memakai Al-Qur’an dan sunnah, tetapi juga mempertimbangkan pemikiran yang ralistis. Bukan hanya itu, organisasi Islam yang satu ini juga mengakui adanya keberadaan empat mazhab, yaitu mazhab Imam Syafi’i, imam Hanafi, Imam Maliki dan juga Imam Hanbali.

Organisasi Islam yang satu ini memiliki tujuan untuk menegakkan Islam yang ajarannya berdasarkan pada Ahlusunnah waljama’ah di dalam masyarakat Indonesia. Dengan tujuan yang sedemikian rupa, beberapa usaha pun dilakukan oleh organisasi Islam yang satu ini demi mencapai tujuan organisasinya. Usaha-usaha tersebut dibagi ke dalam beberapa bidang. Bidang yang pertama yaitu bidang agama. Dalam bidang yang satu ini, usaha yang dilakukan adalah dengan senantiasa  memupuk rasa persaudaraan yang ada atas dasar rasa semangat persatuan di dalam sebuah perbedaan. Sementara itu, bidang lainnya adalah bidang pendidikan. Dalam bidang pendidikan ini, NU (Nahdlatul ‘Ulama) mendidik generasi Islam dengan nilai-nilai yang juga Islami. Hal ini ditujukan agar bisa terbentuk generasi Islam yang senantiasa bertakwa, berpengetahuan yang sangat luas dan memiliki budi yang luhur.

Sementara itu, di bidang sosial dan budaya, NU senantiasa mengusahakan setiap kesejahteraan yang sudah menjadi hak rakyat. Bukan hanya itu, NU juga selalu menjaga kebudayaan masyarakat yang sekiranya sesuai dengan noram-norma yang ada dalam kehidupan manusia dan juga nilai-nilai islam. Sementara di bidang ekonomi, NU senantiasa melakukan usaha-usaha demi pemerataan hasul pembangunan dan sebagainya. Tidak hanya terpatok pada emapt bidang utama pengembangannya, NU pun senantiasa mencari peluang usaha lain yang bisa menjadi sebuah manfaat baik bagi masyarakat. Itu tadi informasi yang bisa kami berikan tentang NU (Nahdlatul Ulama) untuk Anda. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply