Home >> Pendidikan >> Mahasiswa PENS Ciptakan Terobosan Powerbank Terbaru (HYPO COGAN)
gambar-terobosan-power-bank-terbaru-indonesia

Mahasiswa PENS Ciptakan Terobosan Powerbank Terbaru (HYPO COGAN)

Berbicara tentang powerbank berkualitas, sebesar apapun kualitasnya tentu lama lama akan habis juga powernya. Nah namun hal tersebut dapat teratasi dengan powerbank terobosan terbaru kembangan 5 Mahasiswa Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) yang satu ini. Powerbank yang dikembangkan untuk ajang kompetisi karya tulis PKM (Program Kreatifitas Mahasiswa) oleh ristekdikti ini diberinama HYPO COGAN (Hydro-Air Powerbank Obat Galau Nelayan). Mengapa disebut Hydro Air Powerbank? Nah hal itulah yang menjadi kelebihan dan keunikan dari powerbank ini.

gambar-terobosan-power-bank-terbaru-indonesia

Power bank ini merupakan power bank unik dan menarik, karena power bank ini tidak hanya bisa di-charge dengan sumber listrik, namun power bank ini dapat malakukan proses charging menggunakan energi arus angin dan arus air. Kok bisa? Rekayasa Teknologi yang diberinama HYPO COGAN power bank yang dilengkapi oleh turbin air dan angin yang berfungsi sebagai media chargingnya. Dengan kata lain, saat power bank tersebut dapat di-charge dimana saja asalkan terdapat arus air dan angin yang cukup untuk memutar turbin nya.

Penerapan dari aplikasi rekayasa teknologi Mahasiswa PENS ini secara khusus dibuat untuk nelayan. Namun, pada dasarnya power bank hypo cogan ini dapat digunakan dan di-charge dimana saja asalkan terdapat arus air dan angin yang cukup untuk memutar turbinnya. Seperti diantaranya: di aliran sungan yang deras airnya. Di pegunungan atau pantai yang kencang anginnya.

Cara Kerja dan Rancangan HYPO COGAN (Hydro-Air Powerbank Obat Galau Nelayan)

Power bank HYPO COGAN menggunakan turbin untuk proses chargingnya. Saat terdapat arus air dan angin yang cukup untuk memutar turbinnya. Maka turbin akan menghasilkan arus DC yang kemudian akan distabilkan dengan regulator yang kemudian akan dimasukkan kedalan baterai penyimpanan.

Bagi nelayan yang dapat dengan mudah mendapatkan arus air dan angin saat mereka berlayar ditengan laut. Maka dengan kata lain, power bank hypo cogan ini akan menjadi terobosan yang bagus bagi mereka. Sehingga para nelayan bisa menggunakan gadget mereka saat berlayar, tanpa khawtir kehabisan sumber listrink untuk melakukan pengisian ulang baterai gadget mereka.

Itulah sedikit pembahasan kami tentang info teknologi terbaru indonesia saat ini. Semoga bisa bermanfaat.

Leave a Reply