Home >> Internasional >> Turki Tembak Jatuh Helikopter Suriah yang Melanggar Batas

Turki Tembak Jatuh Helikopter Suriah yang Melanggar Batas

Setiap negara memiliki kekuasaan wilayahnya masing – masing. Dan setiap negara memiliki kebijakan untuk mempertahankan wilayahnya tersebut baik daratan, perairan ataupun udara. Beberapa negara memiliki sikap yang sangat tegas bagi negara lain yang memasuki wilayahnya atau melanggar batas wilayah negaranya seperti yang baru – baru ini terjadi di Turki. Mereka menembak jatuh helicopter Suriah yang dianggap telah memasuki wilayah Negara Turki.

Hal ini dibenarkan oleh Perdana Menteri Turki, Ahmet Davutoglu. Dengan tegas Ahmet Mengatakan, “untuk menegakkan hukum yang berlaku di Negara ini, kami menembak jatuh Helikopter Suriah tersebut karena dianggap sudah tidak mematuhi peraturan batas Negara.”

Dia menambahkan, “siapa saja yang melanggar batas wilayah Turki, baik di darat ataupun di udara maka akan diberikan hukuman.” Untuk instruksi penembakan terhadap Helikopter Suriah tersebut menurutnya tidak ada yang perlu diperdepabtan lagi. Helikopter Suriah sudah memasukan wilayah negara Turki sepanjang 11,3 kilometer selama 5 menit.

Peristiwa penembakan Helikopter Suriah ini juga dibenarkan oleh otoritas Suriah. Menurut mereka memang benar adanya ada helicopter Suriah yang ditembak jatuh oleh Turki.

Informasi yang di dapat dari TV Nasional Suriah, helikopter tersebut ditembbak jatuh bukan dari pesawat jet Turki. Namun pesawat itu ditembak jatuh oleh pesawat tanpa awak atau biasa dikenal dengan nama drone.

Kedua negara tersebut sebenarnya juga sering berseteru. Turki sering mengeluarkan kritikan terhadap kebijakan dari presiden Suriah, Bashar Al Assad. Presiden Suriah juga sering kali mengeluarkan pernyataan yang kontroversial seperti saat menuding Turki yang telah memperkeruh keadaan Suriah karena telah mendukung tentara pemberontak dengan memberikan mereka senjata.

Setiap negara memang berhak mengatur dan menguasai wilayahnya sendiri. begitu pula ketika ada intervensi dari negara lain yang melanggar batas negara, maka negara tersebut juga berhak membuat kebijakan untuk mempertahankan batas wilayah negaranya. Seperti apa yang dilakukan turki menembak jatuh helikopter Suriah yang telah melanggar batas wilayah negara Turki.

Leave a Reply