Home >> Gaya Hidup >> Kebiasaan Menggigit Kuku Tidak Baik untuk Kesehatan

Kebiasaan Menggigit Kuku Tidak Baik untuk Kesehatan

Salah satu kebiasaan seseorang yang jarang disadari adalah kebiasan menggigit kuku. Kebiasaan ini sebenarnya biasa muncul pertama kali saat masih kanak – kanak atau balita. Tanpa disadari, seseorang yang sudah terbiasa menggigit kuku akan melakukan kebiasaan ini bahkan di depan umum sekaligus.

Kalau sudah menjadi kebiasaan terkadang sangat sulit untuk dihentikan. Entah karena rasanya yang enak atau apa tapi bagi yang sudah terbiasa kerapa kali kesulitan menghentikan kebiasaan ini. namun jika seandainya mereka tahu kebiasaan menggigit ini tidak baik untuk kesehatan masihkah kebiasaan ini dilakukan?

Berikut ini masalah kesehatan yang mengintai akibat kebiasaan menggigit kuku

  1. Infeksi oleh bakteri

Tangan yang suka menyentuh benda ini itu juga membuat bakteri ikut terbawa. Bakteri tersebut bahkan bisa berkembang dengan baik jika kondisi tangan lembab. Kuku bisa menjadi tempat persempunyian yang nyaman bagi bakteri.

Bakteri yang ada di kuku jika kemudian berpindah ke mulut kemudian masuk ke dalam perut bisa menimbulkan berbagai gangguan pencernaan. Kasus yang paling sering terjadi adalah sakti perut, mual, muntah hingga bahkan mencret.

  1. Infeksi kuku

Kuku yang menjadi salah satu sarangnya bakteri apabila mengalami luka bisa menjadi kesempatan bakteri untuk menginfeksinya. Kebiasaan menggigit kuku bisa menyebabkan kuku terluka. Luka yang terbuka tersebut kemudian dijarah oleh bakteri akhirnya mengalmi infeksi. Kuku yang sudah terinfeksi bisa menimbulkan nanah. Tak jarang nanah di kuku ini menimbulkan bau yang tak sedap. Akibat bau ini tentu akan membuat anda kurang pede saat tampil bersama orang lain.

  1. Kuku menjadi cacat

Kebiasaan menggigit kuku bisa menyebabkan bentuk kuku mengalami perubahan. Kuku yang seharusnya tumbuh lurus memenjang bisa berubah bentuk sehingga tampilanya menjai tidak cantik lagi.

  1. Masalah gigi

Orang yang terbiasa menggigit kuku tak jarang juga terbiasa mencongkel – congkel gigi. Semakin seringnya gigi tersebut dicongkel, bisa merubah posisi normal gigi. Gigi bisa berubah posisi ke depan, ke belakang atau bahkan ke samping. Bakteri di kuku juga bisa menyerang gusi sehingga sering kali orang mengalami sakti gigi.

Leave a Reply