Home >> Wisata >> Indahnya Pulau Lepra, Pulau Buangan

Indahnya Pulau Lepra, Pulau Buangan

Menginjakan kaki di Jawa Timur tidak lengkap kalau belum mencoba melintasi jembatan Suramadu dan berkunjung ke Pulau Madura. Selain terkenal dengan sate, Pulau Madura sebenarnya juga masih menyimpan banyak tempat yang indah salah satunya adalah pulau Lepra.

Mungkin bagi anda masih ada yang belum tahu dengan pulau Lepra?

Pulau Lepra atau pulau Mandangi merupakan pulau kecil di selatan Madura. Pulau ini termasuk ke dalam wilayah kabupaten Sampang. Untuk menuju pulau Lepra ini akses satu – satunya adalah dengan menaiki perahu motor. Butuh waktu sekitar satu jam setengah untuk bisa sampai ke pulau ini.

Sebagian besar penduduk pulau Lepra memiliki mata pencaharian sebagai nelayan. Jumlah penduduk yang mendiami pulau Lepra sekitar 15.000 jiwa. Pulau ini masih sangat asri bahkan tidak ada mobil yang melintas di pulau ini. jalananya sempit dan rumah – rumah penduduk saling dempet.

Nama sebenarnya pulau ini adalah pulau Mandangin. Namun pulau ini lebih dikenal dengan nama pulau Lepra. Ada alasan kenapa orang menyebutnya pulau Lepra. Nama Lepra ini disebabkan karena pulau Mandangin ini pernah dijadikan tempat pembuangan bagi para pengidap Lepra di Madura.

Meskipun demikian, pulau Lepra ternyata menyimpan keindahan alam yang begitu memukau. Di pulau Lepra ada dua tempat yang top markotop untuk dijadikan destinasi wisata. Dua tempat tersebut adalah Mandangin Timur dan Mandangin Barat. Jika anda ingin melihat suguhan alam yang menakjubkan dari sunrise, anda bisa ke Mandangin Timur. Di sana juga ada pantai Candhin yang memiliki batu – batuan besar yang indah.

Jika anda ingin melihat indahnya sunset, anda bisa menuju Mandangin Barat. Di sana juga ada hamparan pasir putih yang begitu lembut. Panorama lembayung senja bisa memberikan suguhan alam yang benar – benar memukau mata anda. ketika pergi kesana jangan lupa untuk membawa kamera untuk menangkap keindahan panorama alam ini.

Untuk bisa menikmati dua keindahan alam di pulau Lepra, setidaknya anda harus menginap di pulau tersebut. karena disana tidak ada kapal yang menyeberang di malam hari. selain itu ketika berkunjung kesana, anda juga harus memiliki kenalan untuk bermalam karena disana belum ada penginapan atau hotel.

Leave a Reply