Home >> Peristiwa >> 53 Orang Keracunan Getuk Lindri di Bogor

53 Orang Keracunan Getuk Lindri di Bogor

Getuk atau beberapa orang menyebutnya getuk lindri merupakan makanan tradisional yang terbuat dari singkong. Getuk lindri mempunyai rasa yang manis dan disajikan dengan parutan kelapa muda di atasnya. Umunya getuk lindri mempunyai bentuk kotak dan beraneka warna, ada merah, biru dan yang paling populer adalah pink. Beberapa pembuat getuk lindri saat ini juga membuat getuk lindri dengan kreasi warna lain seperti coklat, kuning dan hijau.

Cita rasanya yang manis membuat banyak orang menggemari makanan tradisional ini. Namun kabar kurang mengenakan terjadi pada jumat 15 Mei 2015 lalu sebanyak 53 orang dikabarkan mengalami keracunan setelah makan getuk lindri.

Kepala Unit Gawat Darurat Rumah Sakit Paru Goenawan Partowidigdo (RSP GP) Cisarua, Dr. Agus Sukendar mengatakan korban keracunan makanan berjumlah 53 orang. 32 korban merupakan karyawan Rumah Sakit Paru Goenawan Partowidigdo dan 21 korban keracunan lain dari Hotel Royal Gardenia, Cisarua, Bogor. Dari 53 korban keracunan makanan ini, 42 orang masih mendapatkan perawatan, 11 orang sudah dalam pemulihan.

Dari penuturan beberapa korban yang masih karyawan RSP GP, mereka mengaku merasa mual, pusing lalu muntah bahkan ada yang kejang – kejang setelah makan getuk lindri yang disediakan oleh catering Rumah Sakit.

Sedangkan korban keracunan dari hotel sebagian besar adalah tamu hotel. Menurut Kepala Unit Reskrim Polsek Cisarua, AKP Dali Saputra, “korban keracunan dari hotel merupakan tamu hotel yang memakan makanan yang sama yaitu getuk lindri. Setelah beberapa jam memakan getuk lindri tersebut, beberapa dari mereka langsung mengalami keracunan.”

Dari hasi pemeriksaan sementara, ada tiga macam warna dari getuk lindri yang mereka konsumsi. Tiga warna tersebut yaitu cokla, kuning dan hijau. Dari ketiga warna getuk lindri tersebut, diduga getuk lindri yang beracun adalah yang berwarna hijau.

Polisi masih menduga, korban keracunan makanan tradisional ini masih banyak lagi. Menurutnya ada sekitar empat ratusan orang yang makan getuk lindri itu. Polisi menghimbau kepada orang – orang yang ikut makan getuk lindri itu supaya segera memeriksakan diri guna mengantisipasi hal – hal yang tidak diinginkan.

Leave a Reply