Home >> Bisnis >> Kerajinan Bunga Kulit Jagung Tembus Pasar Eropa

Kerajinan Bunga Kulit Jagung Tembus Pasar Eropa

Ketika panen jagung tiba, banyak orang yang menyianyiakan kulit jagung. Mereka menganggap benda yang satu ini kurang begitu bernilai. Ujung – ujungnya kalau tidak dijadikan pakan ternak paling juga dibuang layaknya sampah kemudian dibakar. Namun tidak bagi Kusmani Mayangsari, warga Desa Ketawang, Kecamatan Gondanglegi, Kabupaten Malang, kulit jagung disulapnya menjadi benda bernilai seni sekaligus menghasilkan pundi – pundi rupiah yang wah.

Kulit jagung diubahnya menjadi suatu kerajinan yang bernilai bahkan kerajinan yang dijualnya tersebut kini sudah tembus hingga pasar eropa. “pertama saya hanya iseng – iseng membuat kerajinan dari bahan kulit jagung, tapi sekarang kerajinan yang saya buat ini bisa tembus hingga pasar eropa” tutur wanita 43 tahun ini.

Ide pembuatan kerajinan bunga kulit jagung ini berawal saat ia melihat banyak sampah kulit jagung berserakan tiada guna. Saat itu dia coba iseng – iseng membuat kerajinan bunga kulit jagung kemudian ternyata banyak dari tetangganya yang menyukai kerajinanya. Dari ide isengnya itu, Kusmani Mayangsari kemudian diminta untuk membuat kerajinan bunga kulit jagung oleh para tetangga.

Dulu ia sempat juga menawarkan kerajinan bunga kulit jagungnya dari rumah ke rumah. Namun kini ia sudah memiliki pasarnya sendiri baik di dalam maupun luar negeri sehingga membuat ia membutuhkan tenaga kerja tambahan. Saat ini dia dibantu 25 karyawan. Sebagian besar karywanya adalah warga sekitar.

Untuk membuat kerajinan bunga kulit jagung menurutnya cukup mudah. Kulit jagung terlebih dahulu dikeringkan di bawah sinar matahari. Setelah kering, kulit jagung dimasukan ke dalam baik air yang sudah diberi pewarna dan direndam beberapa menit. Setelah direndam, kulit jagung kembali dikeringkan.

Proses selanjutnya adalah pensortiran atau memilah kulit jagung yang memiliki kualitas yang bagus. Kulit jagung yang sudah dipilah kemudian disetrika tujuanya adalah agar kulit jagung tersebut lebih rapid an mudah untuk dibentuk. Selain itu kulit jagung juga tidak akan mudah sobek.

Langkah berikutnya, membentuk kulit jagung seperti bunga sesuai dengan ukuran dan permintaan. Selain model bunga, kulit jagung tersebut juga bisa dibuat aksesoris dan manik – manik.

16 tahun menggeluti bidang ini, kerajinan kulit jagung Kusmani Mayangsari sudah memiliki pasarnya sendiri. kerajinanya sudah tembus hingga pasra Kuwait, Malaysia, Amerika, Jepang, Italia. Menurut penuturanya, pasar eropa adalah yang terbanyak membeli kerajinan kulit jagungnya.

Leave a Reply