Home >> Bisnis >> Kenaikan Harga Pertamax Tinggal Nunggu Waktu

Kenaikan Harga Pertamax Tinggal Nunggu Waktu

Pengumuman kenaikan harga BBM sering kali menimbulkan gejolak bagi masyarakat. Mereka seolah kaget dengan harga – harga BBM baru. sebagai contoh ketika harga premium dan pertamax dinaikan oleh pemerintah masyarakat langsung berbondong – bondong menyerbu kantor pemerintahan untuk mengutarakan keberatan akan harga yang telah ditetapkan tersebut.

Beberapa bulan terakhir, pemerintah sepertinya akan mengkaji ulang untuk menaikan kembali harga BBM khususnya pertamax. BBM non subsidi ini kabarnya akan dinaikan harga perliternya. Harga minyak dunia yang kembali merangkak naik selama beberapa bulan terakhir ini menjadi pemicu pemerintah untuk menaikan harga pertamax.

Namun sepertinya harga pertamax dalam waktu dekat ini tidak akan segera dinaikan oleh pertamina. Mereka sepertinya akan menunda kenaikan harga pertamax supaya tidak menimbulkan gejolak di masyarakat.

Hal ini diungkapkanoleh Sudirman, Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM)pertamina akan menunda untuk menaikan harga pertamax. Hal ini dimaksudkan supaya tidak menimbulkan gejolak di masyarakat dan mereka tidak kaget dengan kenaikan harga pertamax nanti.

Menurut penuturanya, pemerintah sekarang ini sedang mengkaji pola penyesuaian harga bahan bakar minyak khususnya pertamax dan pola pengumuman supaya tidak menimbulkan gejolak di masyarakat akibat kenaikan harga pertamax.

Pertamax yang bukan merupakan bahan bakar yang disubsidi oleh pemerintah kewenangan untuk menaikan harganya ada di tangan perseroan, Pertamina. Menurut Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), “bahan bakar non subsidi itu haknya pertamina. Jadi pertamina yang mempunyai hak untuk menaikah harga bahan bakar tersebut.”

Jika ditanya soal kapan kenaikan harga pertamax? Sudirman juga belum bisa kapan kenaikan harga pertamax akan diumumkan. Menteri ESDM ini juga belum bisa memastikan berapa lama proses pengkajian pola baru penyesuaian maupun pengumuman harga bahan bakar ini akan diselesaikan.

Dari sejarah kenaikan harga bahan bakar di negeri ini, sering kali menimbulkan gejolak di masyarakat. Pemerintah sedang berupaya mencari solusi terbaik agar kenaikan pertamax atau bahan bakar nonsubsidi lainya bisa disesuaikan dengan harga keekonomian supaya tidak menimbulkan gejolak lagi di masyarakat.

Kenaikan harga pertamax sepertinya tinggal nunggu waktu saja mengingat harga minyak dunia yang saat ini masih terus mengalami kenaikan.

Leave a Reply