Home >> Gaya Hidup >> Kesehatan >> Daftar Penyakit Mematikan Bagi Perempuan Indonesia

Daftar Penyakit Mematikan Bagi Perempuan Indonesia

Perempuan secara umum diciptakan lebih lemah dari Laki – laki. Bahkan untuk masalah kesehatan, perempuan juga mengidap berbagai penyakit mematikan. Balitbangkes atau Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan Kementrian Kesehatan merilis daftar nama – nama penyakit yang mematikan bagi perempuan Indonesia.

Urutan daftar penyakit mematikan berikut bukan daftar urutan dari penyakit yang mematikan atau tidak. Ini hanyalah sekedar daftar nama penyakit mematikan yang menyebabkan kematian tertinggi bagi perempuan Indonesia.

  1. Stroke

Penyakit stroke bisa menyerang siapa saja, baik itu laki – laki maupun perempuan. Dari hasil penenilitian oleh Balitbangkes, stroke merupakan salah satu penyakit yang paling banyak dialami oleh perempuan Indonesia. Stroke bisa terjadi karena ada sumbatan yang mengganggu suplai darah ke otak.

  1. Jantung iskemik

Balitbangkes juga mencatat banyak perempuan Indonesia mengalami jantung iskemik atau lebih dikenal jantung koroner. Jantung koroner terjadi karena ada sumbatan yang menganggu aliran darah ke jantung.

  1. Diabeters mellitus

Daftar terakhir yang dirilis oleh Kementrian Kesehatan tentang penyakit diabetes melitus sunggih sangat mencengangkan. Diperkirakan sekitar 9,1 juta penduduk Indonesia mengidap diabetes.

  1. Tekanan darah tinggi

Tekanan darah tinggi atau biasa dikenal hipertensi merupakan salah satu penyakit mematikan yang banyak diderita perempuan Indonesia. tekanan darah tinggi yang tidak terkontrol bisa menyebabkan pendarahan pada retina mata, kerusakan ginjal, pembuluh darah pecah di otak.

  1. Tuberculosis

Tuberculosis atau TB merupakan daftar salah satu penyakit mematikan yang membawa Indonesia menempati peringkat empat terbanyak di seluruh dunia yang mengidap TB.

  1. Penyakit Paru Obstruktif Kronik

Asma, bronchitis kronik dan emphysema merupakan penyakit paru obstruktif kronik. Penyakit mematikan ini masuk daftar penyakit mematikan bagi perempuan Indonesia. tak jarang perempuan yang menderita penyakit ini berakhir dengan kematian.

  1. Paru – paru basah

Paru – paru basah atau pneumonia merupakan salah satu penyakti mematikan yang disebabkan oleh bakteri atau virus yang membuat paru – paru mengalami infeksi. Gejala dari paru – paru basah mirip dengan gejalak bilek biasa seperti demam dan batuk. Beberapa kasus paru – paru basah juga diikuti gejala yang lain seperti nyeri dada, dahak, menggigil, nafas pendek dan berkeringat.

  1. Liver

28 juta orang Indonesia diperkirakan mengidap penyakit hepatitis B dan C.

  1. Neoplasm breast

Sebenarnya ada beberapa tipe penyakit mematikan pada payudara seperti tumor atau kanker payudara. Kanker serviks dan kanker payudara merupakan penyakit kanker yang paling banyak diderita perempuan Indonesia.

Leave a Reply