Home >> Berita Jatim >> Warga Kediri Menemukan Patung Ganesha saat Membersihkan Pohon Tales

Warga Kediri Menemukan Patung Ganesha saat Membersihkan Pohon Tales

Bak mimpi di siang bolong, Kamis 14 Mei 2015, Sujari warga Desa Pojok, Kecamatan Wates, Kabupaten Kediri menemukan benda bersejarah menyerupai patung Ganesha saat membersihkan pohon talesnya di sawah. Kejadian ini sontak menggerkan warga lain yang ingin melihat patung manusia berkepala gajah tersebut.

Kejadian tersebut bermula saat Sujari pergi ke sawahnya untuk membersihkan pohon tales. Saat itu dilihatnya bongkahan tanah yang ambrol. Dari dalam bongkahan tersebut terlihat ada sebuah batu. Kemudian Sujari membersihkan batu dari bongkahan tanah tersebut.

Setelah dibersihkan dari tanah, batu tersebut ternyata berupa patung dengan tinggi sekitar 62 centimeter dan lebar 26 centimeter. Patung tersebut terbuat dari batuan andesit. Dia tidak mengira batu yang ada di bongkahan tanah yang ambrol tersebut adalah patung, dikiranya itu hanyalah batu biasa.

“saya pikir itu hanya batu biasa. Tetapi setelah saya periksa batu tersebut ternyata adalah sebuah patung. Saya kemudian pergi ke sungai untuk mencuci patung itu,” ujar Sujari.

Patung yang menyerupai Ganesha itu rencanya akan dilaporkan ke Balai Pelestarian Peninggalan Purbakala (BP3) Trowulan, Mojokerto. Di sana patung penemuan Sujari ini akan diteliti apakah patung ini termasuk salah satu benda peninggalan purbakala atau tidak. Saat ini patung temuan Sujari yang menyerupai Ganesha masih disimpan di Situs Rumah Bung Karno Pojok.

Jika memang nanti hasil penelitian diketahui bahwa patung Ganesha temuan Sujari ini termasuk benda purbakala, maka patung ini harus dilindungi.

Benda – benda purbakala seperti patung saat ini memang harus dijaga oleh semua anak bangsa. Jika ada yang menemukan supaya melaporkan ke Balai Pelestarian Peninggalan Purbakala (BP3). Beberapa patung peninggalan purbakala seperti yang ada di Borobudur kondisinya juga banyak yang tidak sempurna. Ada patung yang sudah tidak lagi memiliki anggota tubuh yang lengkap seperti kepala, tangan atau bagian tubuh lain yang hilang.

Leave a Reply