Home >> Gaya Hidup >> Tekanan Darah Tinggi Awal Dari Stroke dan Pikun

Tekanan Darah Tinggi Awal Dari Stroke dan Pikun

Tekanan darah tinggi atau hipertensi merupakan kondisi dimana tekanan darah seseorang berada di atas garis normal. Manusia normalnya memiliki tekanan darah 120. Jika mereka memiliki tekanan darah di atas 120 misalkan 180, 190 atau bahkan mencapai lebih dari itu maka bisa dikatan orang tersebut mengalami hipertensi atau tekanan darah tinggi.

Tekanan darah tinggi bisa menjadi awal dari berbagai masalah otak. Tekanan darah yang sudah mulai tidak terkendalai bisa menurunkan fungsi otak. Kemampuan fungsi otak yang menurun bisa membuat seseorang menjadi pikun. Tekanan darah tinggi juga bisa memicu stroke atau penyakit kardiovaskular lainya secara tiba – tiba.

Dokter spesialis saraf sekaligus Wakil Ketua Indonesian Society of Hypertension (InaSH), Dr. Yuda Turana SpS mengatakan tekanan darah tinggi bisa menimbulkan dampak negative pada otak. Tekanan darah yang sudah mulai tidak terkendali dapat menyerang tempat penyimpanan memori (Hipokamus), korteks yang berfungsi untuk kecerdasan dan juga pembuluh darah yang bisa mengakibatkan stroke.

Tekanan darah tinggi bisa mengikis lapisan pembuluh darah. Lapisan yang terkikis tersebut bisa menjadi endapan plak yang bisa menyumbat aliran darah. Apabila sumbatan tersebut terjadi di otak maka bisa membuat seseorang terkena stroke. Pada kasus yang lebih ekstrim lagi, tekanan darah tinggi bisa membuat pembuluh darah pecah dan kondisi berakhir fatal.

Tekanan darah tinggi yang sudah tidak terkendalai yang menyerang hipokampus bisa membuat penderitanya mengalami pikun atau demensia. Hal ini karena tekanan darah tinggi yang tidak terkendali tersebut meusak dan menurunkan fungsi kognisi otak. Hipokampus sebagai tempat penyimpanan memori, emosi dan perilaku bisa mengecil akibat tekanan darah tinggi.

Supaya bisa menghindari stroke dan pikun, sebaiknya mulai saat ini mengubah gaya hidup menjadi lebih sehat, memberikan asupan nutrisi yang bagus untuk tubuh dan mengatasi stress supaya tekanan darah tidak naik turun. Tekanan darah yang naik turun bisa mempengaruhi fungsi otak. Mengubah gaya hidup menjadi lebih sehat adalah pilihan terbaik untuk menjaga kesehatan tubuh. Ingat kata – kata bijak, “mencegah lebih baik dari pada mengobati.”

Leave a Reply