Home >> Gaya Hidup >> Tips Menghadapi Stres Bagi Pencari Kerja

Tips Menghadapi Stres Bagi Pencari Kerja

Pencari Kerja atau biasa dikenal dengan istilah job seeker sering kali menghadapi stress ketika perjuangan mengirimkan Surat lamaran kerja sudah dilakukan namun belum ada satupun panggilan kerja yang datang. Perbandingan yang tidak seimbang antara jumlah pencari kerja dengan jumlah lapangan pekerjaan yang tersedia membuat persaingan antar pencari kerja semakin sulit. Selain berkompeten, keberuntungan nampaknya juga sangat dibutuhkan oleh para pencari kerja saat ini.

Semakin susahnya mendapatkan pekerjaan yang diinginkan tak jarang membuat para pencari kerja mengalami stress. Stress dapat mempengaruhi emosi, pikiran serta kondisi fisik seseorang. Stress yang sudah akut bahkan bisa membuat pencari kerja kehilangan kewarasanya.

Untuk menghindari stress bagi para pencari kerja, berikut tips menghadapi stress saat mencari kerja:

  1. Tekun

Kebanyakan para pencari kerja sangat bersemangat untuk mengirimkan resume. Namun ketika tidak ada panggilan kerja yang datang mereka mulai menyerah. Semakin lama berada di titik ini, stress kemudian mulai melanda.

Para pencari kerja sebaiknya tetap tekun untuk terus berusaha mencari pekerjaan. Sebab peluang itu bisa datang bagi mereka yang tidak ingin menyerah.

  1. Realistis

Kebanyakan orang terlalu memaksakan hal mungkin tidak bisa dicapainya. Misalkan ingin mendapatkan posisi pekerjaan yang langsung di atas. Percaya diri memang bisa menjadi modal yang bagus dalam mencari pekerjaan. Tetapi para pencari kerja juga harus realistis dengan tujuan yang ingin dicapainya. Akhirnya mereka terlalu memaksakan diri untuk melakukan hal yang mungkin tidak bisa dicapainya.

  1. Berpikir positif

Berpikir positif bisa membuat pencari kerja tetap optimis. Bahkan ketika kegagalan demi kegagalan saat wawancara, pencari kerja tetap harus berpikir positif untuk tetap kemungkinan yang lebih baik yang mungkin bisa dicapai kedepanya nanti. Jika tidak bisa mendapatkan pekerjaan di tempat ini bisa mendapatkan pekerjaan di tempat lain. Peluang bisa ada di mana pun asalkan tetap optimis untuk mencarinya.

  1. Perhatikan kondisi tubuh

Stress terkadang tidak disadari telah mempengaruhi kondisi tubuh. Stress bisa membuat tubuh menjadi kurang fit, nafsu makan juga berkurang akhirnya mudah sakit – sakitan. Oleh karena itu, ketika pencari kerja sudah mulai merasakan stress sebaiknya segera untuk rileks. Sedikit berolah raga atau melakukan kegiatan menyenangkan lainya mungkin bisa menjadi solusi terbaik untuk mengurangi ketegangan.

  1. Bersilaturahim

Silaturahim baik dengan keluarga, sanak family atau juga ke teman – teman terdekat bisa membantu menghilangkan sedikit beban pikiran akibat stress. Silaturahim menurut agama bahkan dijelaskan bisa membuat rejeki semakin lancar. Dari bersilaturahim ke orang – orang terdekat siapa tahu bisa menjadi titik terang untuk memperluas peluang mendapatkan pekerjaan yang ada.

Leave a Reply