Home >> Peristiwa >> Kuota CPNS 2015 Masih Hitung – Hitungan

Kuota CPNS 2015 Masih Hitung – Hitungan

Masyarakat sepertinya sudah banyak yang tidak sabar untuk segera mendaftarkan diri di Panitia Seleksi Nasional(Panselnas) CPNS 2015. Hal ini terkait banyaknya pemberitaan yang menyatakan kuota CPNS tahun 2015 ini bakalan ditambah hingga 134 ribu. Hal ini kemudian yang menjadi kabar gembira bagi masyarakat yang ingin segera mendapatkan statusnya menjadi PNS.

Namun, apakah benar kuota CPNS 2015 mencapai 134 ribu?

Berita mengenai kuota CPNS 2015 mencapai 134 ribu ini sebenarnya juga belum dijelaskan secara resmi oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemen PAN-RB).

Menurut penuturan Herman Suryatman, Kepala Biro Hukum, Komunikasi, dan Informasi Publik Kemen PAN-RB pada selasa 12 Mei 2105 kemarin, “belum bisa dipastikan apakah nanti kuota CPNS 2015 akan mencapi 134 ribu kursi.” Menurutnya hingga saat ini Kemen PAN-RB masih terus menerima usulan permohonan kuota CPNS 2015. Usulan permohonan tersebut datang dari berbagai instansi baik instansi pusat maupun instansi daerah. Untuk usulan permohonan kuota yang masuk, belum tentu juga akan dipenuhi semuanya. Sebab Kemen PAN-RB berpatokan pada hasil analisis jabatan dan beban kerja.

Menurut Kepala Biro Hukum, Komunikasi, dan Informasi Publik Kemen PAN-RB ini, “instansi yang menginginkan kuota CPNS baru harus membuat proyeksi lima tahun ke depan untuk kebutuhan pegawai.” Hal ini supaya penetapan kuota CPNS baru ini sesuai dengan kebutuhan sesungguhnya instansi tersebut.

Usulan permohonan kuoata CPNS 2015 yang sudah dimasukan oleh Kemen PAN-RB ke Kementrian Keuangan tersebar untuk beberapa bidang pekerjaan antara lain tenaga medis, guru dan penyuluh di berbagai sector.

Terkait dengan jumlah kuota CPNS 2015 hingga berita ini ditulis masih belum ada pengumuman resmi dari Kemen PAN-RB. Namun untuk berita pengangkatan kembali tenaga honorer K-2 sudah dibenarkan oleh Kemen PAN-RB. Kuota yang digunakan untuk pengangkatan tenaga honorer K-2 adalah kuota yang tidak terisi saat pengangkatan tenaga honorer K-2 pada tahun 2014 lalu. Dan berdasarkan instruksi dari menteri PAN-RB tes tulis untuk tenaga honorer K-2 dijadwalkan akan dilaksanakan pada bulan Agustus nanti.

Leave a Reply