Home >> Gaya Hidup >> Kesehatan >> Kentang Tumbuk, Makanan yang Lezat untuk Balita

Kentang Tumbuk, Makanan yang Lezat untuk Balita

Balita yang sudah mulai tumbuh gigi, biasanya senang sekali menggigit benda – benda yang ada di sekitarnya. Apa yang mereka temukan di depan mereka biasanya mereka coba gigit. Dalam tahap ini balita biasanya juga sudah bisa dijejali makanan pendamping asi.

Sebenarnya ada beberapa makanan pendamping asi yang bisa diberikan untuk si balita salah satunya adalah biscuit yang khsusu untuk balita. Biscuit ini umumnya memiliki bentuk bulat dengan tekstur yang sedikit keras. Tekstur ini mungkin juga ditujukan agar si balita juga belajar bagaimana menggunakan gigi mungil mereka.

Beberapa ibu kadang khawatir dengan tekstur dari biscuit tersebut. Mereka takut biscuit tersebut akan tetelan utuh dalam gigitan yang besar. Padahal perut si balita sebenarnya masih belum bisa bekerja seperti orang dewasa. Oleh karena itu beberap ibu mencari alternative lain yang lebih aman sekaligus lezat untuk dikonsumsi balita. Salah satunya adalah kentang tumbuk.

Kentang tumbuk atau biasa dikenal dengan mashed potato merupakan makanan yang berbahan dasar kentang. Makanan berbahan kentang ini selain lezat juga sangat pas jika dikonsumsi balita karena teksturnya yang lembut.

Membuat mashed potato atau kentang tumbuk juga tidak susah. Ibu – ibu bisa membuat makanan yang lezat untuk balita ini di rumah. Supaya rasanya lebih lezat lagi, bisa dikreasikan dengan tambahan sayuran supaya lebih menyehatkan bagi si balita.

Berikut ini cara membuat kentang tumbuk yang lezat untuk balita

Sebelum memulai memasaknya, pertama siapkan bahan – bahanya terlebih dahulu, seperti:

  • 2 buah kentang
  • 1 buah kembang kol
  • 160 ml susu cair
  • 3 sdm mentega
  • Air
  • Garam dan merica secukupnya saja

Jika bahan – bahanya sudah siap, sekarang masuk ke cara membuatnya:

  1. Kupas kentang kemudian dipotong
  2. Cincang kembang kol
  3. Kukus kentang selama kurang lebih lima menit
  4. Masukan kembang kol ke dalam kukusan, kukus bersama kentang selama kurang lebih sepuluh menit atau jika teksturnya sudah lembut, kembang kol dan kentang bisa diangkat dari kukusan
  5. Masukan kentang dan kembang kol ke dalam food prosesor untuk dihaluskan
  6. Panaskan susu dan mentega dengan api kecil hingga meleleh.
  7. Masukan susu tersebutke dalam food prosesor
  8. Tambahkan garam dan merica secukupnya
  9. Proses lagi hingga teksturnya cukup halus untuk si balita
  10. Sajikan dalam keadaan hangat supaya lebih lezat untuk balita.

Leave a Reply