Home >> Peristiwa >> Anak SD Bermain Granat

Anak SD Bermain Granat

Anak – anak biasanya sangat senang untuk bermain. Berbagai permainan sering mereka mainkan. Permainan tradisional seperti kuda lumping, gundu, bekel dan lain sebagainya masih banyak dimainkan oleh mereka. Namun berbeda dengan anak Sekolah Dasar (SD) yang tinggal di Jalan Pakel Baru, Umbulharjo, Kota Yogyakarta. Anak SD malah ini bermain dengan granat aktif.

Anak SD yang masih polos ini awalnya sedang pulang sekolah. Kemudian di depan toko pembuatan batu akik di jalan Pakel Baru, anak SD ini menemukan benda benda yang asing baginya. Benda tersebut sebenarnya adalah granat jenis manggis. Karena si bocah SD ini tidak tahu benda tersebut adalah granat, lalu benda tersebut dibawanya pulang. Bocah SD ini bahkan sempat bermain – main dengan benda itu.

Ketika si bocah SD sedang asyik memainkan benda itu, seorang warga menaruh curiga dengan benda tersebut adalah granat. Takut akan terjadi sesuatu dengan benda tersebut, kemudian benda yang diduga granat itu diletakan di sebuah tempat yang jauh dari pemukiman. Warga tersebut kemudian melaporkan benda temuan benda tersebut ke kepolisian setempat. Polsek yang mendapat pelaporan tersebut, kemudian meneruskanya ke Polresta dan memanggil tim Gegana Brimob.

Setelah tim Gegana Brimob Polda DIY datang, warga tampak sangat antusias melihat tim Gegana Brimob mengamankan granat tersebut. Diakui pihak kepolisian granat tersebut masih aktif meskipun penampilan luarnya sudah banyak yang berkarat. Polisi menduga granat temuan bocah SD ini merupakan granat peninggalan perang zaman dulu.

Wakapolsek Umbulharjo AKP Munawar menuturkan, “granat tersebut masih aktif. Mungkin granat ini adalah peninggalan colonial belanda atau mungkin juga jepang. Kondisinya masih aktif, pengamanya pun juga masih ada di granat tersebut.”

Beruntung bagi bocah SD tersebut granat tidak meledak saat dimainkan. Jika bocah itu tidak sengaja melepaskan atau merusak pengaman granatnya maka bisa dipastikan granat manggis yang masih aktif itu akan meledak dan bisa melukai siapa pun yang berada di sekitar ledakan granat. Para warga juga dihimbau jika menemukan benda yang mencurigakan lainya yang diduga granat, bom dan sejenisnya untuk segera melapor ke petugas untuk segera diamankan supaya tidak ada yang menjadi korban.

Leave a Reply