Home >> Berita Jatim >> Lalu Lintas Tengah Kota Surabaya Mandek Akibat Demo Supir Angkot

Lalu Lintas Tengah Kota Surabaya Mandek Akibat Demo Supir Angkot

Pemandangan tengah kota Surbaya hari ini tidak seperti biasanya. Jalan raya tengah kota seperti di sekitar jalan Tunjungan, Gubernur Suryo dan Tunjungan terpakir penuh angkot dari berbagai wilayah. Banyaknya angkot di tengah kota ini bukan karena mereka sedang membawa penumpang untuk berwisata tetapi karena para sopir angkot ini sedang melaksanakan demo besar – besaran.

Jumlah sopir angkot yang ikut demo hari ini, selasa 12 Mei 2015 di Surabaya sekitar 5000 orang. Sopir angkot ini tidak hanya datang dari wilayah Surbaya saja tetap sopir angkot dari daerah lain seperti Sidoarjo dan Gresik juga turut dalam demo tersebut.

Aksi demo tersebut merupakan bentuk protes dan memuntut untuk pencabutan Perturan Menteri No 74 Tahun 2014. Sopir angkot juga meminta untuk membatalkan Surat Edaran Sekprov Jatim tentang Perpanjangan Surat Kendaraan plat kuning yang harus memiliki bada hukum PT atau CV yang telah diberlakukan sejak tanggal 1 Maret 2015 lalu.

Keuta DPD Serikat Pekerja Transportasi (SPTI), Hamid, mengatakan secara tegas pihaknya memprotes segala kebijakan karena dianggap tidak berpihak pada pekerja transportasi.

Hamid merasa sangat kecewa dengan kebijakan tersebut. Ketua DPD Serikat Pekerja Transportasi (SPTI) ini mengatakan,”sejak dulu sopir angkot atau pekerja transportasi mandiri. Jika ingin memasukan sopir angkot atau pekerja transportasi itu seperti apa. Sosialisasi kepada pekerja transportasi tidak ada dan sekarang kami ingin memperpanjang STNK tidak bisa terus bagaiman?.”

Pihaknya yang menuntut pencabutan Peraturan Menteri No 74 tahun 2014 dan mendesak pembatalan Surat Edaran Sekprov Jatim bulan Januari 2015 tentang Perpanjangan Surat Kendaraan plat Kuning harus punya badan Hukum PT atau CV apabila tidak dipenuhi maka akan terus melakukan aksi demo. Mereka bahkan akan melakukan aksi demo dengan jumlah yang lebih besar lagi.

Akibat aksi demo sopir angkot ini, jalanan tengah kota Surabaya mandek. Banyak para penumpang yang berteteran di menunggu angkot yang tak kunjung tiba. Untuk mengatasi penumpukan penumpang ini, Dinas Perhubungan dan Bakesbangpolinmas mengerahkan seluruh aramadanya untuk mengangkut penumpang.

Hingga berita ini ditulis, aksi demo supir angkot di Surabaya masih berlangsug. Polisi dibantu Dinas Perhubungan berupaya penuh untuk mengurai kemacetan di tengah kota Pahlawan ini.

Leave a Reply