Home >> Hukum Kriminal >> Apa Kabarnya Antasari Azhar Saat Ini

Apa Kabarnya Antasari Azhar Saat Ini

Lama tak tersiar kabar, apa kabarnya Antasari Azhar saat ini? Mantan Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) jilid II itu kini masih berada dibalik jeruji besi kepolisian. Antasari Ashar yang terbeli kasus pembunuhan divonis 18 tahun kurungan.

Meski vonis telah dijatuhkan kepadanya, namun Antasari Azhar tetap melanjutkan perjuanganya untuk menuntut bebas atau paling tidak mengurangi vonis yang telah dijatuhkan kepadanya. Dalam upayanya mencari kebebasan, Antasari Azhar telah melakukan upaya peninjauan kembali (PK) terhadap pengadilan. Upaya Antasari tidak berhenti di PK, kini mantan Ketua KPK jilid II ini telah mengajukan grasi kepada Presiden RI.

Boyamin Saiman,kuasa hukum Antasari Azhar, menuturkan, “permohonan grasi kepada presiden itu sebenarnya sudah diajukan klienya sejak bulan Februari 2015 lalu.” Boyamin Saiman baru bisa menyampaikan berita tersebut ke publik setelah menerima pemberitahuan keluarnya rekomendasi dari Mahkamah Agung.

Saat ditanya tentang isi dari rekomendasi Mahkamah Agung, Boyamin Saiman sendiri tidak tahu isinya apa karena rekomendasi dari Mahkamah Agung itu sifatnya rahasia. Namun menurut dia, apapun isi dari rekomendasi itu entah isinya menyetujuai atau tidak menyetujui hal itu tidak akan mempengaruhi hak prerogative yang dimiliki presiden. Rekomendasi tersebut dikeluarkan oleh MA karena dalam pengajuan permohonan Antasari Azhar kepada Presiden terdapat tembusan ke Pengadilan Negeri.

Pihak keluarga Antasari Azhar sebenarnya yang mengajukan permohonan grasi itu. Putri Antasari Azhar, Ajeng Oktarifka Antasari Putri, telah membuat petisi dan petisi tersebut telah di tanda tangani oleh lebih dari dua ribu orang.

Kuasa hukum Antasari Azhar, Boyamin Saiman, sangat berharap grasi dari presiden bisa segera keluar. Boyamin mengharapkan penghapusan pidana terhadap klienya atau paling tidak ada pengurangan masa kurungan.

Jika ditanya soal kasus tersebut, Boyamin menganggap masih ada sejumlah kejanggalan dalam perkara yang dipidanakan pada klienya itu. Sebagai contoh Antasari Azhar didakwa telah mengirimkan SMS yang berbau ancaman terhadap korban, Nasrudin Zulkarnaen. Kemudian Boyamin Saiman juga menuturkan tidak ada kecocokan antara peluru yang digunakan untuk menghabisi korban dengan senjata yang digunakan untuk membunuhnya. Sampa berita ini ditulis belum adalagi kabar terbaru dari Antasari Azhar terkait grasi yang diajukanya.

Leave a Reply