Home >> Berita Jatim >> Ombak Besar Memaksa Tiga Kapal Tongkang ini Menepi di Pantai Sidem

Ombak Besar Memaksa Tiga Kapal Tongkang ini Menepi di Pantai Sidem

Sabtu lalu, 9 Mei 2015, cuaca alam dengan kecepatan angin yang cukup tinggi membuat ombak sedikit tidak bersahabat bagi kapal yang mengapung di pantai Sidem, Tulungagung, Jawa Timur. Tidak hanya kapal – kapal kecil saja yang takut dengan tingginya ombak di pantai Sidem tetapi juga kapal – kapal besar seperti tiga kapal tongkang pengangkut batu bara yang terpaksa menepi setelah dihantam ombak tinggi di kawasan laut pantai tersebut.

Saat ombak besar terjadi, awalnya hanya ada satu kapal tongkan yang menepi di pantai Sidem. Namun saat malam hari, dua kapal tongkang yang lain ikut menepi. Tiga kapal tongkang tersebut kemudian saling berjajar di dekat tepian pantai Sidem.

Menurut Wasito, warga yang tinggal di dekat pantai Sidem, dia mengaku melihat satu kapal tongkang pengangkut batu bara menepi di pantai Sidem saat sore hari. Kemudian saat malam tiba, bertambah lagi dua kapal tongkang yang sama. Ombak besar yang terjadi memaksa tiga kapal tongkang pengangkut batu bara ini menepi di Pantai Sidem.

Sebelum menepi di Pantai Sidem, beberapa anak buah kapal (ABK) dari kapal tongkang tersebut sudah melakukan koordinasi dengan nelayan setempat perihal keinginan mereka untuk menepi. Koordinasi ABK dari kapal tongkang tersebut dilakukan saat mereka menumpang perahu nelayan untuk menuju daratan.

Saat sudah berada di daratan, para ABK kapal tongkang tersebut membeli beberapa kebutuhan logistic sambil menunggu cuaca dan ombak kembali bersahabat. Beberapa kebutuhan yang mereka beli seperti bahan makanan dan bahan kapal. Mereka juga melakukan pemeriksaan terhadap kondisi kapal dan mesin kapal mereka.

Ombak di laut lepas hingga perairan Sidem cukup besar saat ini. akibat besarnya ombak ini, tidak sedikit kapal yang ikut menepi baik di perairan Sidem maupun perairan yang lain seperti di perairan Popoh.

Sebelumnya juga sudah kapal besar lain yang menepi sebelum tiga kapal tongkang raksasa itu menepi di pantai Sidem. Kapal – kapal nelayan juga banyak yang tidak melaut akibat tingginya ombak tersebut. Hanya nelayan kapal besar saj yang memberanikan diri untuk tetap melaut mencari ikan.

Leave a Reply