Home >> Olahraga >> 3 Pesepak bola yang Sukses Berganti Posisi

3 Pesepak bola yang Sukses Berganti Posisi

Sepak bola merupakan permainan yang dimainkan oleh sebelas orang dalam satu tim. Ada pemain yang bertugas untuk menjaga gawang yang disebut gola keeper atau penjaga gawang. Ada yang bertugas mengamankan lini pertahanan disebut bek. Ada yang bertugas menjaga lini tengah disebut pemain gelandang. Dan ada pula yang bertugas membuat gol yang disebut striker.

Inti dari permainan ini adalah memasukan sebuah bola ke gawang lawan. Tim boleh memasukan bola sebanyak – banyaknya ke gawang lawan. Agar gawang tidak banyak kebobolan maka diperlukan pemain yang memiliki visi pertahanan yang kuat dan agar bisa mencetak gol dibutuhkan pemain yang memiliki visi menyerang.

Tidak semua pemain dikaruniai bakat untuk bermain di semua posisi. Beberapa pesebak bola tidak bisa ditempatkan di posisi dimana dia tidak bisa menguasai lapanganya. Sebagai contoh pemain dengan karakter bertahan tidak cocok untuk ditempatkan di depan untuk menyerang gawang lawan begitu pula sebaliknya.

Namun tidak jarang juga ada pesepak bola yang bisa ditempatkan di posisi yang lain. Di beberapa klub bergengsi eropa, banyak pelatih yang melihat bakat luar biasa dari pesepak bola untuk ditempatkan di posisi yang lain. Seperti yang dialami oleh 3 pesepak bola berikut ini:

  1. Vincent Kompany

Vincent Kompany merupakan kapten tim Manchestrer City. Pesepak bola berkebangsaan Belgia ini bergabung dengan the Citizen sejak 2008 silam. Di kompetisi English Premier League, pesepak bola ini dikenal sebagai pemain belakang yang tangguh.

Vincent Kompany awalnya bukan pemain bertahan. Dia terbiasa bermain sebagai gelandang di klub terdahulunya, Anderlecht dan Hamburg. Peran pesepak bola ini kemudian berubah di tahun 2010 menjadi pemain belakang. Bahkan berkat kekuatan, kecepatan dan blocking bola yang sangat baik membuat pesepak bola ini sebagai andalan di jantung pertahanan the Citizen.

  1. Robin Van Persie

Striker andalan klub Manchester United, Robin Van Persie merupakan pemain depan yang paling ditakuti oleh para lawanya. Pesebak bola kebangsaan belanda ini bahkan tak jarang membuat aksi yang memukau untuk mencetak gol ke gawang lawan.

Pada awalnya RVP, bukan merupakan striker murni. Di klub lamanya, Feyenoord, the flying Dutchman, julukan RVP, menempati posisi sebagai pemain sayap kiri. Kecepatan dribbling dan finishing touch yang baik membuat pelatih Arsene Wenger meliriknya untuk mengajaknya bermain di Arsenal. Berkat kemampuanya ini, pesepak bola ini akhirnya ditempatkan sebagai ujung tombak the gunners. Bahkan ketika hijrah ke Manchester united dia masih dijadikan pemain andalan di lini depan setan merah.

  1. Gareth Bale

Gareth Bale, pemain berlabel termahal di dunia ini merupakan pesepak bola yang memiliki kecepatan drible tinggi dan tendangan kaki kiri yang akurat. Pesepak bola yang kini merumput bersama Real Madrid ini menjadi andalan bagi el Real untuk mendobrak pertahanan para lawanya. Komposisi Bale, Benzema dan Cristiano Ronaldo (BBC) di Real Madrid telah berhasil mencatatkan jumlah gol yang fantastis untuk klub.

Bale awalnya adalah pemain bek kiri saat bermain di Shouthampton. Kecepatan dan akurasi umpan yang diberikanya kepada pemain depan kala itu memanjakan para pemain depan. Bahkan tak jarang pula aksi over laping berlari dengan membawa bola dari belakang kerap di pertontonkanya. Ketika pindah ke Tottenham Hotspurs Bale masih menempati pos sebagai bek kiri dan mendapat peran baru sebagai sayap kiri. Barulah setelah itu dia mulai dipindah posisikan sebagai sayap kanan di Real Madrid.

Itulah 3 pesepak bola yang sukses berganti posisi. Sebenarnya masih ada pemain yang lain yang belum disebutkan pada konten kali ini.

Leave a Reply