Home >> Berita Jatim >> 45 Persen Jalan di Jombang Rusak

45 Persen Jalan di Jombang Rusak

Banyak keluhan para warga baik yang tinggal di Kabupaten Jombang maupun yang tinggal di Kabupaten yang lain perihal kondisi jalan di Jombang saat ini. Kondisi jalanan dalam kota yang tampak mulus tampak begitu kontras dengan kondisi jalanan yang ada di Kabupaten.

Jalan yang ada di Kabupaten Jombang, khususnya jalan yang menjadi poros penghubung antar kabupaten merupakan yang paling banyak disoroti oleh para pengguna jalan. Kerusakan ringan, sedang hingga bahkan berat di jalan poros penghubung antar kabupaten ini membuat banyak pengguna jalan merasa tidak nyaman.

Hari Utomo, Kepala Dinas PU Bina Marga menjelaskan, “di Kabupaten Jombang terdapat 189 ruas jalan poros kabupaten yang menghubungkan antar kecamatan. Ruas jalanan ini sepanjang 650 kilometer. Sekitar 55 persen jalanan tersebut masuk dalam kategori mulus alias tidak rusak. Sedangkan 45 persen jalan di Jombang rusak. Dari 45 persen jalan yang rusak itu ada yang masuk dalam kategori rusak ringan, sedang dan juga rusak parah.”

Kerusakan jalan yang hampir mencapai separuh jalanan di Jombang ini membuat Dinas Pekerjaan Umum (PU) kuwalahan untuk melakukan perbaikan di jalan – jalan tersebut. Dinas PU Jombang tahun ini akan melakukan perbaikan secara bertahap. Mereka mengaku belum bisa melakukan perbaikan secara menyeluruh.

Salah satu upaya perbaikan jalan yang dilakukan oleh Dinas PU Jombang adalah dengan melakukan peleberan jalan. Jalan poros kabupaten yang sebelumnya memiliki lebar 3,5 meter akan dilakukan pelebaran menjadi 6 meter. Untuk permukaan jalanya akan ditutup dengan aspal hotmix. Contoh jalan poros kabupaten yang sudah mendapat sentuhan perbaikan adalah jalan poros kabupaten yang menghubungkan kecamatan Diwek dengan kecamatan Gudo.

Sumber anggaran yang terbatas dari APBD tahun ini hanya sebesar Rp 140 miliar. Dari 45 persen kerusakan jalan atau sekitar 300 kilometer, kemungkinan tahun ini hanya akan dilakukan perbaikan jalan sepanjang 120 kilometer.

Menurut penuturan dari Kepala Dinas PU Bina Marga tersebut, kerusakan jalan yang akan ditangani oleh Dinas PU Jombang adalah khusus jalan poros kabupaten saja. Sedangkan kerusakan jalan poros kecamatan akan ditangai oleh PU Cipta Karya.

Leave a Reply