Home >> Gaya Hidup >> Porsi Ideal Makan Nasi

Porsi Ideal Makan Nasi

Nasi merupakan sumber makanan pokok bagi sebagian banyak orang terutama orang Indonesia. kebanyakan orang Indonesia, khususnya orang jawa mengatakan, “belum makan kalau belum makan nasi.” Kalimat itulah yang sering terlontar walaupun sebenarnya mereka telah makan makanan yang lain seperti mi, roti, ubi dan lain sebagainya. mereka berasumsi kalau tidak makan nasi perut tidak kenyang.

Ukuran porsi nasi setiap orang berbeda – beda. Ada sebagian orang yang di piringnya lebih banyak takaran nasinya ada pula sebagian yang lain malah lauknya yang lebih banyak sedangkan nasinya lebih sedikit.

Beberapa orang yang aktivitasnya sangat tinggi seperti kuli bangunan, buruh tani dan pekerja berat lainya sering kali ukuran nasi yang mereka makan jauh lebih banyak dari pada orang yang aktivitas keseharianya tidak terlalu aktif.

Menurut Dokter Gizi, Dr. Luciana B Sutanto, MS. SpGk, “masing – masing orang memiliki jumlah konsumsi nasi yang berbeda tergantung dari kebutuhan tubuh. Kebutuhan tubuh ini juga bisa dipengaruhi oleh usia, aktivitas fisik, jenis kelamin, berat badan, tinggi badan, dan kesehatan.”

Berapa ukuran porsi ideal makan nasi?

Nasi mengandung banyak karbohidrat. Dalam piramida makanan, karbohidrat menduduki dasar dari piramida tersebut. ini artinya kebutuhan karbohidrat menduduki jumlah yang paling banyak dari pada unsur makanan yang lain seperti mineral, protein dan juga lemak.

Meskipun nasi menduduki dasar piramida makanan, bukan berarti orang harus makan nasi sebanyak – banyaknya. Kebutuhan karbohidrat bagi tubuh perharinya adalah sekitar 50 sampai 60 persen saja dari total kebutuhan yang dibutuhkan oleh tubuh.

Jumlah ideal makan nasi menurut Dr. Luciana:

  1. Bisa diukur atau dilihat berdasarkan kepalan tangan

Menurutnya, makan nasi seukuran kepalan tangan seseorang dinilai mampu memenuhi jumlah kebutuhan tubuh.

  1. Makan nasi 6 hingga 9 sembilan sendok makan

Makan nasi 6 hingga 9 sendok makan setiap makan mampu memenuhi kebutuhan 50 sampai 60 persen kebutuhan karbohidrat tubuh.

Ukuran di atas menurut Dr. Luciana adalah ukuran ideal bagi seseorang. Namun semua itu kembali lagi pada kebutuhan tubuh dan segala sesuatu yang mempengaruhinya seperti yang disebutkan di atas tadi.

Leave a Reply