Home >> Nasional >> Pembangkit Listrik Tenaga Sekam Padi Akan Dibangun di Palu

Pembangkit Listrik Tenaga Sekam Padi Akan Dibangun di Palu

Sekam padi yang menumpuk dari limbah pertanian menyumbang jumlah terbanyak sampah yang mengotori lingkungan. Kebanyakan para petani selama ini mengatasi limbah sekam padi dengan cara dibakar. Cara seperti ini sebenarnya bukanlah cara yang efektif karena justru dari proses pembakaran tersebut akan menyebabkan polusi udara. Cara ini merupakan cara tradisional yang sangat beresiko baik terhadap lingkungan maupun pada kesehatan.

Melihat kondisi yang demikian, seorang investor yang berasal dari Korea Selatan bermaksud untuk membangun pembangkit listrik yang memanfaatkan sekam padi. Sulawesi Tengah yang merupakan salah satu propinsi yang memiliki lahan pertanian yang luas dan memungkinkan menyumbang limbah sekam padi yang banyak dijadikan destinasi pembangunan pembangkit listrik dari energy terbarukan tersebut.

Bunga Elim Somba, Asisten Bidang Ekonomi dan Pembangunan Setda Provinsi Sulteng mengatakan investor dari Korea Selatan yang tidak ingin disebutkan namanya ini telah mempresentasikan rencananya dihadapan Wakil Gubernur Sulawesi Tengah, H Sudarto. Rencana investasi tersebut kemudian disambut gembira oleh Pemprov Sulawesi Tengah dan Pemprov bersedia memberikan bantuan dan kemudahan – kemudahan untuk membantu mempercepat realisasi pembangunan pembangkit listrik tenaga terbarukan itu.

Investor tersebut merupakan perusahaan swasta dari Korea Selatan yang bekerja sama dengan perusahaan Amerika Serikat. Sampai berita ini ditulis, belum ada keterangan yang lebih detail lagi mengenai berapa jumlah investasi untuk membangun pembangkit listrik tenaga terbarukan ini.

Investor asal Korea Tersebut sudah melakuan studi kelayakan dan saat ini mereka juga sedang bernegosiasi dengan Perusahaan Listrik Negara (PLN). Untuk urusan pendistribusian listrik, mereka nanti akan menyerahkanya kepada PLN.

Pembangkit listrik tenaga terbarukan ini akan memiliki kapasitas 33 Megawatt. Pemprov Sulteng berharap lokasi pembangunan pembangkit listrik ini nanti berada tidak jauh dari kota Palu supaya daya listrik yang dihasilkanya juga bisa memasok listrik untuk kebutuhan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Palu.

Hadirnya pembangkit listrik tenaga sekam padi di Palu ini bisa sangat bermanfaat mengingat di Propinsi Sulteng ini merupakan penyumbang sampah terbesar untuk sekam padi. Jika sekam padi ini bisa dijadikan sebagai tenaga utama pembangkit listrik ini, maka sekam padi akan jauh lebih bermanfaat ketimbang menjadi sampah yang menumpuk yang kurang berguna.

Leave a Reply