Home >> Tekno >> Internet >> Internet.org Umpanya Indosat Memancing Lebih Banyak Pengguna Internet

Internet.org Umpanya Indosat Memancing Lebih Banyak Pengguna Internet

Beberapa waktu yang lalu indosat secara resmi telah menayangkan berbagai iklan dan promo tentang internet.org. Dalam iklan tersebut indosat menginformasikan bahwa akses internet dari internet.org ini tidak berbayar alias gratis. Lalu apakah benar semuanya gratis?

Internet.org ini sebenarnya adalah bentuk kerjasama layanan internet antara Facebook dan indosat. Menurut Zukerberg, pimpinan jejaring social yang paling popular itu, “kami baru saja meluncurkan internet.org di Indonesia. ini adalah tahap lanjutan untuk menghubungkan seluruh dunia.”

Layanan internet.org di Indonesia secara resmi dilaksanakan pada pertengahan bulan april lalu. Facebook bekerjasama dengan indosat untuk menghadirkan layanan internet yang katanya gratis itu.

Pengalaman setelah mencoba internet.org ini, memang terdapat beberapa link popular yang bisa di akses secara gratis. Salah satu link popular seperti facebook memang bisa diakses gratis. Namun layanan gratis ini tidak memberikan pengalaman internet yang benar – benar gratis. Pengalaman internet yang bisa didapatkan hanya berupa teks dan gambar yang terbatas. Selanjutnya jika pengguna internet mencoba untuk mengakses suatu gambar atau alamat link lain selain yang disediakan oleh internet.org maka akan muncul halaman dari indosat yang memberikan untuk membeli paket internet indosat.

Layanan dari internet.org ini seperti sebuah umpan untuk memancing pengguna internet agar mencoba dan membeli paket internet indosat bagi yang ingin mendapatkan pengalaman lebih di internet.

Pernyataan ini sesuai dengan apa yang dikemukakan oleh Presiden Direktur Indosat, Alexander Rusli, “internet.org hanya sekedar pancingan saja supaya para pengguna internet bisa merasakan pengalaman internet. tetapi kalau mereka ingin merasakan pengalaman internet yang lebih maka mereka bisa membeli paket data yang tersedia.”

Melalui internet.org, Facebook sebenarnya ingin mengumpulkan data saat pengguna memasang, menjalankan atau menggunakan layanan facebook mereka. Tidak hanya saak mengakses Facebook, bahkan saat pengguna mengakses layanan gratis lainya melalui internet.org.

Data yang dikumpulkan oleh Facebook ini tentu akan sangat berguna bagi perusahaan tersebut. data pelanggan seperti browsing history, pencarian dan lain sebagainya bisa menjadi sumber data yang berguna bagi Facebook untuk menargetkan iklan – iklan tepat yang nanti bakal dipasang di jejaring social tersebut.

Leave a Reply