Home >> Nasional >> Benarkah Biaya Ongkos Naik Haji Indonesia Termurah di Asia Tenggara?

Benarkah Biaya Ongkos Naik Haji Indonesia Termurah di Asia Tenggara?

Naik Haji adalah rukun islam yang kelima yang pasti ingin ditunaikan oleh mereka yang sudah mampu untuk berangkat. Namun impian bisa naik haji saat ini dirasa semakin jauh bisa terwujud bagi pendaftar baru karena waktu keberangkatan yang memakan waktu belasan tahun. Seperti halnya waktu keberangkatan haji di Lamongan saja harus menunggu hingga 18 tahun.

Selain waktu keberangkatan yang lama, ongkos naik haji juga menjadi perkara lain yang membuat banyak para jamaah mengelus dada. Setiap tahun ongkos naik haji selalu mengalami kenaikan. Ongkos naik haji Indonesia saat ini berada di kisaran Rp 36 juta rupiah. Beberapa jamaah calon haji menuturkan ongkos ini terlalu mahal sulit untuk dijangkau para jamaah yang ingin berangkat haji. Namun hal ini tidak dibenarkan oleh ketua Komisi VII DPR, Saleh Partoanan. Menurutnya ongkos naik haji Indonesia adalah yang termurah bila dibandingkan dengan Negara lain di Asia Tenggara.

Benarkah ongkos naik haji Indonesia termurah di Asia Tenggara?

Menurut data yang dibeberkan oleh Saleh, ongkos naik haji di Malaysia adalah 9980 Ringgit. Jika nilai itu dirupiahkan dengan kurs 3.600 per ringgitnya maka setara dengan Rp 36.526.800. sementara di Singapura ongkos naik haji di sana adalah 6.900 dollar singapur. Nilai ini jika di rupiahkan sama dengan Rp 67 juta. Di singapura, ongkos naik haji bahkan pernah mencapai angka 13.650 dollar singapur atau nilainya setara dengan Rp 131 juta.

Di Brunei Darussalam, ongkos naik haji antara USD 8.000 hingga USD 15.000. jika di rupiahkan nilai ini sama dengan Rp 78.216.000 atau bisa hingga Rp 146.655.000 untuk ongkos haji termahalnya.

Di Indonesia ongkos naik haji yang ditetapkan oleh BPIH (Badan Penyelenggaraan Ibadah Haji) tahun 2015 adalah Rp 33.962.000. ini artinya jika dibandingkan dengan ongkos naik haji dari Negara lain di Asia Tenggara seperti Malysia, Singapura dan Brunei Darussalam maka ongkos naik haji Indonesia jauh lebih murah.

Saleh menambahkan, pada tahun depan ongkos naik haji Indonesia akan diefisienkan lagi. Ini artinya ongkos naik haji tahun depan bisa lebih murah lagi. Tahun depan juga akan dibentuk BPKH ( Badan Pengelola keuangan Haji) yang berfungsi mengelole keuangan haji salah satunya dengan menginvestasikan uang haji ke beberapa bidang seperti perbankan, perkebunan, perhotelan dan sector – sekto yang lain. Keuntungan dari investasi tersebut akan diberikan kepada para pemiliki tabungan haji tersebut.

Leave a Reply