Home >> Peristiwa >> Makanan untuk Kuku yang Sehat dan Kuat

Makanan untuk Kuku yang Sehat dan Kuat

Kuku bagi sebagian wanita adalah bagian dari tubuh yang membuat penampilan wanita menjadi lebih cantik. Mereka sering kali membiarkan kuku mereka tumbuh panjang. Berbagai perawatan juga mereka lakukan agar kuku mereka bisa tumbuh sehat dan kuat.

Beberapa wanita mengalami masalah dengan kuku mereka. Salah satu masalah yang mereka alami adalah ketika kuku sudah panjang kuku mudah sekali patah. Sungguh sangat disayangkan karena butuh waktu yang tidak sebentar untuk memanjangkan kuku. Jika kuku sudah patah terpaksa mereka memotongnya untuk merapikan atau bahkan memotong kuku yang lain agar panjangnya sama dengan kuku yang patah tersebut.

Selain perawatan rutin, agar kuku sehat dan kuat tidak mudah patah maka dibutuhkan asupan makanan yang mengandung berbagai gizi dan vitamin untuk kuku yang sehat dan kuat. Seorang dermatologis dan dokter kecantikan kulit, Sirisha Singh mengungkapkan ada beberapa makanan untuk kuku yang sehat dan kuat.

Berikut makanan untuk kuku yang sehat dan kuat

  1. Ikan

Ikan merupakan salah satu makanan yang kaya akan lemak omega 3. Selain bagus untuk otak, asam lemak omega 3 pada ikan juga bisa membantu melembabkan bantalan kuku dan meningkatkan kelembutan kuku yang tipis dan rapuh. Ikan juga mengandung banyak protein yang membantu menebalkan sehingga membuatnya lebih kuat.

  1. Susu

Susu mengandung banyak kalsium yang bermanfaat untuk tulang. Selain kalsium terdapat pula biotin dan protein. Biotin dan kalsium bisa membantu memperkuat plat kuku. Kuku utamanya terdiri atas keratin. Susu yang mengandung protein sangat bermanfaat untuk memperkuat keratin matriks pada kuku.

  1. Putih telur

Putih telur memiliki kandungan yang tinggi akan protein. protein dari putih telur ini juga membantu untuk membuat keratin kuku menjadi lebih tebal dan kuat. Namun putih telur sebaiknya dimasak terlebih dahulu. Putih telur mentah memiliki pengikat yang mengikat biotin sehingga membuat tidak bisa diserap. Terlalu sering mengkonsumsi telur mentah akan membuat kuku kekurangan biotin. Kuku yang kurang biotin akan membuatnya rapuh dan mudah patah.

  1. Wijen

Wijen merupakan makanan yang mengandung banyak zinc. Banyak mengkonsumi wijen akan membuat kuku menjadi lebih kuat. Wijen ini mudah ditemui dibeberapa makan contohnya onde – onde (makanan tradisional yang bentuknya bulat dan ada kacang hijau dibagian dalamnya).

Leave a Reply