Home >> Pendidikan >> Sarjana Peduli Pendidikan Lulus S1 ikut SM3T

Sarjana Peduli Pendidikan Lulus S1 ikut SM3T

Beberapa teman saya yang sarjana pendidikan setelah lulus S1 mereka bingung ingin mengajar kemana. Hati yang sudah terpatri jiwa mengajar sangat ingin menulurkan ilmu yang sudah mereka tempuh selama bertahun – tahun di bangku perkuliahan untuk disampaikan ke anak didik. Namun sayang, di tahun 2014 hingga saat ini sangat sulit untuk mencari sekolah membuka peluang bagi sarjana baru.

Banyak teman saya yang sarjana peduli pendidikan bingung melanjutkan karir mereka. Setelah mereka lulus S1 mereka banyak yang menebar surat lamaran kerja ke sekolah – sekolah, tempat – tempat bimbel namun belum ada panggilan kerja yang menghampiri mereka.

Bagi sarjana peduli pendidikan lulusan S1 sekarang tidak perlu bersedih lagi karena sekarang pemerintah melalui program maju bersama mencerdaskan Indonesia telah membuka peluang bagus bagi sarjana lulusan S1 yang peduli pendidikan. Melalui program SM3T, para sarjana peduli pendidikan bisa berpartisipasi untuk mencerdaskan kehidupan bangsa.

Jika anda belum pernah mendengar program SM3T, maka anda berada di tempat yang tepat untuk mendapatkan informasi lengkap mengenai program SM3T.

Apa itu SM3T?

Program SM3T merupakan program pengabdian sarjana pedidikan untuk maju bersama mencerdaskan Indonesia khususnya pendidikan di daerah 3T (Terdepan, Terluar dan Tertinggal) selama satu tahun.

Yang dimaksud dengan daerah 3T disini adalah daerah – daerah yang secara geografis terletak di paling luar atau terletak di perbatasan antar Negara dan juga merupakan daerah yang masih tertinggal kesetaraan pendidikanya.

Daerah sasaran SM3T mencakup 9 propinsi antara lain propinsi Aceh, NTT, Sulawesi Utara, Provinsi Papua Barat, Provinsi Papua, Provinsi Kepulauan Riau, Provinsi Kalimantan Barat, Provinsi Kalimantan Timur dan Provinsi Maluku. Namun tidak semua kabupaten yang terdapat di propinsi tersebut menjadi sasaran program ini. hanya kabupaten yang telah memberikan respon terhadap program Maju Bersama Mencerdaskan Indonesia saja yang menjadi sasaran program SM3T.

Mengingat program ini ditujukan untuk daerah 3T maka sarja peduli pendidikan lulusan S1 diharapkan siap secara mental terlebih dahulu sebelum mengikuti program ini. Di daerah 3T bisa jadi adalah daerah yang jauh dari hinar binar kemajuan teknologi. Selama satu tahun penuh di program ini sarjana peduli pendidikan S1 akan di tempatkan di pelosok – pelosok atau bahkan pedalaman. Oleh karena itu sebelum anda benar – benar mendaftarkan diri anda untuk berpartisipasi dalam program ini sebaiknya anda tahu terlebih dahulu tujuan program SM3T.

Tujuan program SM3T antara lain adalah:

  • Membantu daerah 3T dalam mengatasi permasalahan pendidikan terutama kekurangan tenaga pendidik.
  • Memberikan pengalaman pengabdian kepada sarjana pendidikan sehingga terbentuk sikap profesional, cinta tanah air, bela negara, peduli, empati, terampil memecahkan masalah kependidikan, dan bertanggung jawab terhadap kemajuan bangsa, serta memiliki jiwa ketahanmalangan dalam mengembangkan pendidikan pada daerah-daerah tergolong 3T.
  • Menyiapkan calon pendidik yang memiliki jiwa keterpanggilan untuk mengabdikan dirinya sebagai pendidik profesional pada daerah 3T.
  • Mempersiapkan calon pendidik profesional sebelum mengikuti Program Pendidikan Profesi Guru (PPG)

Menyimak tujuan di atas ada banyak keuntungan yang bisa anda dapatkan setelah mengikuti program SM3T. beberapa keuntungan berpartisipasi dalam program ini adalah jiwa professional sebagai pendidik dan bisa mengikuti program pendidikan profesi guru (PPG). Bahkan dari beberapa sumber menyatakan bagi yang telah selesai mengikuti program SM3T akan mendapatkan tiket emas untuk menjadi PNS karena akan lebih diprioritaskan selama proses pendaftaran CPNS yang berlangsung.

Demikian informasi SM3T untuk kali ini. semoga informasi ini bermanfaat bagi sarjana peduli pendidikan yang ingin ikut program SM3T.

Leave a Reply