Home >> Lamongan >> Arisan Musiman Warga Dusun Ngangkrik Kidul Sebagai Bentuk Kerukunan Bertetangga
Arisan musiman warga Dusun Ngangkrik Kidul

Arisan Musiman Warga Dusun Ngangkrik Kidul Sebagai Bentuk Kerukunan Bertetangga

Dusun Ngangkrik Kidul merupakan salah satu dusun yang terletak paling selatan dari Desa Gebangangkrik. Desa ini masuk dalam kecamatan Ngimbang, Kabupaten Lamongan. Letak dusun ini dianggap paling strategis bila dibandingkan dengan dusun – dusun yang lain yang ada di desa tersebut. Kontur tanah yang bagus untuk pertanian menjadikan hampir seluruh warga Ngangkrik Kidul bermata pencaharian sebagai petani.

Pertanian di dusun ini masih bergantung pada kondisi cuaca. Secara umum pertanian di dusun Ngangkrik Kidul dalam satu tahun bisa menuai hasil panen hingga 4 kali. Pada musim penghujan para petani biasa menanam padi. Kemudian pada musim pancaroba menjelang musim kemarau mereka lebih senang menanam padi lagi. Menanam padi pada musim pancaroba ini biasa dikenal dengan isitilah “Gadu”. Memasuki musim kemarau, tembakau adalah tanaman yang paling diandalkan oleh para petani dusun Ngangkrik Kidul untuk mencari untung yang lebih banyak. Setelah musim kemarau berakhir, musim pancaroba berikutnya sering dimanfaatkan untuk menanam jagung, kacang atau palawija lainya.

Warga Ngangkrik Kidul, seperti halnya orang timur lainya, juga menjunjung tinggi nilai sopan santun dan gotong royong antar warga. Senyum, sapa, salam dan hormat masih bisa dilihat dari para kaum muda terhadap orang yang lebih tua atau kepada orang yang dimuliakan di dusun tersebut.

Di setiap musim panen tiba, warga dusun ngangkrik kidul biasa membuat arisan musiman sebagai bentuk kerukunan bertetangga. Arisan yang mereka buat adalah arisan uang sejumlah Rp 50.000 per orang. Tiap keluarga boleh mendaftarkan nama anggota keluarga yang lain asal masih termasuk sebagai warga dusun ngangkrik kidul.

Arisan ini biasanya dihadiri oleh bapak – bapak. Namun tak jarang juga ibu – ibu dan anak – anak turut menyaksikan pengundian arisan tersebut. Waktu pengundian biasanya dilaksanakan pada malam hari setelah sholat maghrib. Pada acara arisan musiman tersebut juga disediakan kopi panas yang bisa dinikmati bersama ada pula yang menyiapkan camilan seperti kacang goreng atau camilan lainya.

Keakraban dan kebersamaan antar warga inilah yang menjadikan warga dusun ngangkrik kidul selalu rukun dalam bertetangga. Arisan musiman selain bisa mendatangkan untung dari segi financial juga bisa menjadi symbol bentuk kerukunan bertetangga antar warga dusun ngangkrik kidul.

Leave a Reply