Home >> Berita Jatim >> Taman Sengkaling, Jujugan Wisata Kaum Muslim
Wagub Sampaikan Sambutan Pada Malam Peresmian Taman Wisata Sengkaling Malang,
Wagub Sampaikan Sambutan Pada Malam Peresmian Taman Wisata Sengkaling Malang,

Taman Sengkaling, Jujugan Wisata Kaum Muslim

Wakil Gubernur Jawa Timur H. Saifullah Yusuf yang akrab dikenal Gus Ipul berharap Taman Wisata Sengkaling dapat menjadi tempat jujugan wisata bagi kaum muslim. Hal itu disampaikan dalam sambutannya pada malam peresmian Taman Wisata Sengkaling di Kabupaten Malang, Februari lalu.

Dikatakan, Taman Wisata Sengkaling yang merupakan ikon dan destinasi wisata utama bagi wisatawan yang berkunjung di daerah Malang pada jaman dahulu, kini mulai membenahi diri dibawah kepemilikan baru oleh Universitas Muhammadiyah (UM) Malang setelah dibeli dari pemilik sebelumnya yakni British America Tobacco.

Menurutnya, sektor pariwisata merupakan salah satu sektor penopang utama ekonomi Jawa Timur. “Berkembang pesatnya sektor wisata di Jatim menandakan kebutuhan wisata yg besar pula bagi warga Jatim. Namun kita masih kekurangan tempat wisata, khususnya untuk umat Islam. Dengan Universitas Muhammadiyah Malang sebagai pemilik baru Taman Wisata Sengkaling, kita harapkan ada destinasi baru bagi kaum muslim untuk bertamasya” harapnya.

Gus Ipul mengapresiasi keberanian Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) yang sudah terkenal dalam dunia pendidikan, kini melebarkan unit bisnisnya merambah sektor wisata setelah sebelumnya terjun di bisnis hotel dan rumah sakit. “Dalam tempo yang singkat, UMM sudah menunjukkan kapabilitasnya dalam mengelola Taman Sengkaling dengan membangun Food Festival yang juga menjadikan Taman Sengkaling kini sebagai destinasi wisata kuliner,” pungkasnya.

Senada dengan usulan Gus Ipul, Ketua Umum PP Muhammadiyah Prof Din Syamsuddin saat meresmikan Taman Wisata Sengkaliang juga mendukung dibangunnya kolam renang terpisah bagi laki-laki dan perempuan di Taman Wisata Sengkaling untuk memfasilitasi wisatawan muslim yang datang berkunjung. “Taman Wisata Sengkaling memang merupakan unit bisnis wisata pertama yang dimiliki Muhammadiyah yang dipelopori oleh UMM. Namun kami yakin, dibawah manajemen UMM, kami dapat mengembalikan kejayaan Taman Wisata Sengkaling yang sempat meredup,” Ujarnya

Peresmian Taman Wisata Sengkaling yang diselenggarakan langsung di taman yang memiliki luas 10,3 ha tersebut juga dihadiri oleh Bupati Malang Drs. H. Rendra Kresna dan Rektor UMM Prof. Dr. Muhadjid Effendi

Leave a Reply