Home >> Properti >> Memilih Desain Pintu Rumah Sederhana Minimalis yang Tepat
Desain pintu untuk rumah sederhana minimalis

Memilih Desain Pintu Rumah Sederhana Minimalis yang Tepat

Desain pintu untuk rumah sederhana minimalis – Pintu adalah salah satu dari sekian unsur yang sangat penting dalam rumah, baik rumah dengan gaya yang modern maupun rumah dengan gaya yang  minimalis atau sederhana. Bahkan pintu bukan hanya sekedar pelengkap melainkan unsur utama pada rumah anda. Keselarasan antara desain pintu dan konsep rumah yang akan dibangun sangat penting untuk diperhatikan. Kesan simple merupakan salah satu tujuan dari pemakaian pintu minimalis, selain itu juga menghadirkan kesan yang elegan dan cantik yang terlihat dari perpaduan bangunan rumah dan pemakaian pintu. Kini, rumah dengan konsep minimalis sudah menjadi idaman setiap orang termasuk pintu pada rumah minimalis tersebut. Namun sudahkah anda menyesuaikan desain pintu rumah anda dengan konsep yang sesuai agar terlihat minimalis? Memperhatikan desain dari setiap unsur rumah seperti pintu sangat penting untuk kenyamanan dan kesan yang istimewa bagi penghuni rumah maupun tamu yang datang, baik dalam segi bentuk maupun warna pintu rumah tersebut.

Adapun berbagai hal penting yang perlu diperhatikan dalam menentukan desain pintu untuk rumah sederhana minimalis adalah sebagai berikut:

  • Gunakan Penyekat di antara Ruang Tamu dan Ruang Tengah

Rumah minimalis memiliki ruang yang tidak cukup luas karena kesan sederhana yang ingin ditampilkan, salah satu ruang yang penting dalam sebuah rumah adalah ruang tamu dan ruang tengah atau ruang keluarga. Agar tidak terlihat semakin sempit dan sesak, maka sebaiknya hindari pemakaian pintu di antara dua ruang tersebut. Alternatif lainnya adalah dengan menggunakan sekat berupa rak untuk pajangan foto, vas bunga, dsb. Namun rak yang digunakan juga tidak dianjurkan apabila memilih rak yang terlalu besar, cukup dengan rak sederhana namun tetap cantik agar tidak terlihat terlalu memenuhi ruangan. Selain itu pilihlah rak yang tetap memberikan ruang yang leluasa untuk anda mondar mandir dari ruang tamu dan ruang tengah agar tetap mendapatkan kesan yang nyaman dan tidak terganggu.

  • Pemilihan Bahan Material

Selanjutnya, hal penting yang perlu diperhatikan dari desain atau model pintu minimalis tersebut adalah dalam pemilihan bahan material dalam pembuatan pintu rumah yang minimalis. Ada baiknya agar memilih kayu solid standar sebagai bahan material, memang sedikit agak mahal namun alternatif lain yang lebih ekonomis adalah dengan memilih bahan PVC dan aluminium. Selain itu, desain pada ukiran pintu juga harus diperhatikan agar menghadirkan kesan yang sederhana dimana ukiran pada pintu tidak terlalu penuh. Akan lebih baik apabila ukiran yang terdapat pada pintu tidak banyak serta pola pada ukiran tidak terlalu rumit contohnya hanya berupa garis horizontal maupun garis vertikal.

  • Pemilihan Warna dan Model

Kemudian dalam pemilihan warna dan desain atau model pada pintu rumah sangat berpengaruh agar terlihat minimalis. Banyak pilihan jenis atau bahan pada material pintu seperti kaca, baja dan kayu. Namun pilihlah bahan material yang sesuai dengan konsep minimalis rumah anda. Pintu dengan desain 2 pintu dari bahan kayu merupakan model yang sudah umum digunakan pada rumah minimalis dimana anda bisa mencoba mengaplikasikannya pada konsep rumah minimalis anda. Namun untuk pintu yang terdapat di dalam rumah dapat menggunakan model jenis pintu kayu seperti pada konsep pintu kayu dalam film koboy yaitu pada pemakaian model pintu bar pada film tersebut. Pemilihan pintu jenis ini dapat menghadirkan suasana di dalam rumah minimalis menjadi terlihat lebih luas dan hangat. Maka pemilihan bahan material pada pintu rumah minimalis sangat penting untuk diperhatikan agar sesuai dengan konsep minimalis yang tetap menghasilkan suasana yang sederhana namun tetap cantik.

Dalam pemilihan desain pintu untuk rumah sederhana minimalis, sangat penting apabila anda memperhatikan beberapa hal tersebut di atas agar tetap seimbang dan selaras dengan konsep semula.

Leave a Reply