Home >> Tekno >> Internet >> Pengertian dan Cara memilih Hosting
Pengertian dan Cara memilih Hosting

Pengertian dan Cara memilih Hosting

Melalui internet, kita dapat melakukan banyak hal. Salah satunya adalah menyediakan berbagai informasi misalnya tentang perusahaan atau bisnis kita. Kita juga dapat mempromosikan berbagai produk yang kita jual melalui internet. Untuk melakukan semua itu, tentu saja kita perlu membuat website atau blog. Saat anda akan membuat web atau blog, anda perlu web hosting atau menyewa hosting.

Bagi anda yang masih baru dalam dunia pembuatan web dan blog, ada baiknya anda mengenal apa itu web hosting. Pengertian hosting adalah sebuah jasa yang menyediakan tempat untuk menyimpan data-data yang ada dalam web atau blog anda. Data tersebut dapat berupa video, gambar, script, database, dan aplikasi. Setiap web atau blog yang dapat di akses secara online harus memiliki host.

Hosting ini jika di umpamakan dalam dunia nyata adalah sebuah kios. Anda menyimpan berbagai hal di kios anda seperti informasi dan barang-barang. Di dalam kios juga terdapat alat komunikasi yang dapat menghubungkan anda dengan pengunjung, misalnya telepon. Sedangkan di dalam web atau blog anda, anda dapat berkorespondensi dengan pengunjung web melalui e-mail, kolom komentar, dan forum. Setiap hosting memiliki kapasitas yang berbeda-beda. Ada yang yang dapat menyediakan kapasitas penyimpanan besar dan memiliki fitur-fitur canggih. Namun ada juga yang kapasitasnya terbatas dan hanya memiliki fitur-fitur dasar.

Hosting dibagi dibagi-bagi menjadi berbagai jenis. Ada yang gratis yang biasanya kapasitasnya terbatas. Dan ada juga hosting berbayar yang memiliki fitur-fitur canggih. Selain itu ada juga shared hosting. Hosting jenis ini menawarkan satu server (tempat) untuk digunakan lebih dari satu domain. Domain adalah nama situs atau blog anda. Walaupun terdapat berbagai domain dalam server ini namun semuanya dapat berjalan lancar karena semua domain memiliki username dan password yang berbeda-beda. Contoh shared web hosting yang gratis adalah WordPress.com dan Blogspot.com. Jenis hosting yang lain adalah Virtual Private Server (VPS). Dengan hosting ini anda dapat menjalankan sistem operasi di atas sistem yang lain. Untuk web yang memerlukan kapasitas besar dan lebih rumit, Dedicated Server yang dibutuhkan.

Memilih web hosting service memerlukan beberapa pertimbangan. Jika anda sangat aktif dalam mengupdate blog atau web anda dengan tulisan, gambar, dan video tentu saja anda perlu server yang berkapasitas besar. Bandwidth yang besar juga diperlukan jika web atau blog anda banyak dikunjungi. Pengunjung dari negara mana yang menjadi target anda? Jika anda bermaksut menarik pengunjung lokal, sebaiknya mengunakan web hosting lokal. Dalam memilih web hosting, anda harus memilih satu yang menawarkan fitur-fitur yang anda butuhkan, misalnya support, fitur FTP, bebas iklan tertentu, dan fitur webmail. Anda juga harus mencari web hosting yang dapat menyediakan akses cepat sehingga pengunjung tidak perlu menunggu lama untuk melihat halaman yang mereka inginkan.

Leave a Reply