Home >> Properti >> Cara Minimalisir Biaya Renovasi Rumah
Renovasi Rumah
Renovasi Rumah

Cara Minimalisir Biaya Renovasi Rumah

Mungkin bagi para penguhi rumah, masih belum merasakan puas dengan hasil rancangan dan penataan yang ada, lebih – lebih untuk rumah minimalis yang menginginkan seperti desain sewa apartemen. Atau mungkin rumah belum begitu nyaman atau ada hal lainnya sehingga tidak merasa puas bertempat tinggal di dalamnya. Hal ini biasanya mereka memutuskan untuk merenovasi rumah dengan desain yang lain demi kenyamanan bertempat tinggal mereka. Namun perlu dipertimbangkan dalam keputusan ini. Yakni pada masalah pengeluaran yang digunakan untuk biaya renovasi rumah idaman. Tentu orang ingin renovasi dengan biaya murah namun hasilnya tetap sesuai harapan mereka. Nah, untuk itu disini akan membahas cara minimalisir biaya dalam renovasi rumah. Diantaranya sebagai berikut.
1. Konsep
Untuk masalah konsep ini perlu adanya suatu rencana dengan pemikiran yang matang, konsep yang digunakan hendaknya dapat menghasilkan desain yang sesuai keinginan. Hal ini agar mencegah adannya pemborosan bila secara terus – menerus direnovasi.
2. Material
Bahan yang digunakan untuk renovasi juga jangan asal – asalan, tentukan bahan yang murah namun berkualitas bila menghendaki harus menggunakan material baru. Namun jika masih menghendaki menggunakan material lama, hendaknya dibongkar terlebih dahulu dengan hati – hati, agar tidak rusak, lalu pergunakanlah. Penggunaan material lama juga bisa meminimalisir biaya untuk renovasi. Jadi tidak sampai harus merenovasi lagi bila terjadi suatu kerusakan atau cacat pada bahan atau material itu.
3. Menghilangkan sebuah pekerjaan renovasi
Untuk pengerjaan renovasi yang mungkin bisa dilakukan sendiri, maka lakukanlah. Jangan keseluruhannya menggunakan jasa orang lain agar dapat menghemat biaya atau mengecilkan nilai harga renovasi.
4. Cara pembayaran
Cara pembayaran renovasi ada dua pilihan, yakni borongan atau harian. Ada baiknya memilih sistem borongan bila ada bagian rumah yang benar – benar perlu untuk direnovasi. Sedangkan jika masih belum begitu jelas, dapat membayarnya pada tukang dengan harian.
5. Waktu
Perhatikan dulu kondisi dan situasi, serta waktu yang ada. Janganlah melakukan renovasi di saat hujan tiba misalnya, agar perbaikan atau renovasi menjadi mudah.

Leave a Reply