Home >> Lamongan >> Stok Elpiji 3Kg di Lamongan Sebelum Ramadan Aman

Stok Elpiji 3Kg di Lamongan Sebelum Ramadan Aman

Beritalamongan.com- Sudah seperti sebuah tradisi yang menahun di mana setiap datangnya bulan ramadan harga – harga bahan pokok selalu naik. Bukan hanya soal harga saja yang ditakutkan oleh banyak orang tetapi juga stok ketersediaan segala macam barang kebutuhan. Salah satunya adalah stok elpiji 3 Kilogram.

Konversi dari minyak tanah ke tabung gas elpiji yang digagas oleh pemerintah mengharuskan setiap warga memiliki kompor dan tabung elpijinya sendiri di rumah. Semakin banyaknya warga yang meminta tabung elpiji 3 Kilogram, pemerintah juga dituntut untuk memberikan stok yang cukup bagi warga. Sebab dengan tidak adanya minyak tanah di pasaran, warga yang telah meninggalkan cara memasak di dapur dengan menggunakan kayu harus mau tidak mau memiliki tabungnya sendiri di rumah.

Begitu halnya dengan warga di Lamongan. Sejak bantuan kompor dari pemerintah turun, warga di Lamongan sudah banyak yang menggunakan kompor gas untuk memasak. Selama bertahun – tahun dapur yang selalu ngebul dengan asap dari pembakaran kayu telah diganti dengan api biru dari api kompor gas.

Semakin banyak warga Lamongan yang telah menggunakan kompor gas, ketersediaan tabung elpiji 3 Kilogram juga harus dipenuhi. Apalagi bulan ramadan akan datang sebentar lagi. Biasanya, berbagai bahan kebutuhan juga semakin langka di pasaran. Begitu pun dengan ketersediaan tabung elpiji 3 Kilogram. Untuk ramadan tahun 2016 ini, Pemerintah Kabupaten Lamongan berupaya untuk menyediakan stok elpiji 3 Kilogram bagi warga. Stok elpiji 3 Kilogram bakal ditambah.

Menurut M. Anwar, Kasubbag Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Pemkab Lamongan, stok elpiji 3 kilogram di Lamongan akan ditambah hingga 10 persen. Penambahan stok tersebut juga sesuai dengan permintaan masyarakat yang meningkat cukup signifikan pada hari – hari besar atau menjelang bulan ramadan. Selain itu penambahan stok juga dimaksudkan agar harga elpiji 3 kilogram tetap stabil.

Anwar menambahkan apabila terjadi kelangkaan stok elpiji 3 kilogram yang memicu kenaikan harga elpiji maka pihaknya akan bekerja sama dengan Pertamina untuk mengadakan operasi pasar. Dengan penambahan stok elpiji 3 kilogram di Lamongan, diharapkan masyarakat tidak perlu khawatir akan terjadi kelangkaan elpiji 3 kilogram saat menjelang dan selama ramadan.

Leave a Reply